Selasa, 07 April 2009

Teks Ulasan, Pengertian, Struktur Beserta Pola Teks Ulasan

Teks Ulasan, Pengertian, Struktur Beserta Contoh Teks ulasan - Pada kesempatan kali ini kita akan memperdalam pengetahuan kita mengenai sebuah bahan untuk kelas Xl Sekolah Menengan Atas pada mapel bahasa indonesia.Dalam posting ini yang kita akan membahas mencakup Pengertian, Struktur, Serta Contoh dari Teks Ulasan.

Teks ulasan intinya sanggup kita temukan dalam kehidupan sehari hari kita, dalam jenjang sekolah sendiri, teks ulasan jua dikategorikan sebagai bahan formal yang wajib dikuasai oleh murid murid SMA. Sama halnya menyerupai bahasa-indonesia" target="_blank">jenis jenis teks dalam bahasa indonesia yang lain, teks ulasan juga mempunyai pengertian, ciri-ciri, struktur dan pola teks ulasan itu sendiri. Dan pola teks ulasan tersebut intinya sanggup kita temukan disekitar kita menyerupai teks ulasan film yang notabennya membahas wacana review baik buruknya sebuah film.
 Pada kesempatan kali ini kita akan memperdalam pengetahuan kita mengenai sebuah bahan un Teks Ulasan, Pengertian, Struktur Beserta Contoh Teks ulasan
teks ulasan, pengertian, ciri ciri, struktur dan pola teks ulasan
Pengertian teks ulasan sendiri sanggup dibagi menjadi dua yakni berdasarkan para hebat dan pengertian secara umum. sedangkan terdapat empat ciri-ciri dan struktur teks ulasan, diantaranya yaitu orientasi, tafsiran, penilaian dan kesimpulan. Sedangkan untuk contohnya, yang menjadi trending pembicaraan di indonesia ketika ini yaitu pola teks ulasan film laskar pelangi yang telah dirilis tahun 2008 silam yang telah memikat jutaan pasang mata dan dinobatkan menjadi film terbaik di Indonesia.

Teks Ulasan, Pengertian, Struktur Beserta Contoh Teks ulasan

Dalam artikel kali ini kita akan membahas pengertian berdasarkan para hebat maupun secara umum wacana teks ulasan, ciri-ciri, struktur, dan tentunya pola teks ulasan itu sendiri. Perlu kita ingat bahwa teks ulasan biasanya akan disampaikan dengan bahasa yang baik dan sopan sehingga tidak menyinggung pihak manapun.

Pengertian Teks Ulasan
Teks Ulasan yaitu teks yang berisi penilaian, ulasan, resensi atau review terhadap suatu karya menyerupai film, buku, novel, drama dan lain-lain untuk dijadikan tolak ukur kualitas atau kelebihan serta kekurangan sebuah karya kepada pembaca. Teks ini bertujuan memperlihatkan pengalaman penulis ketika membaca atau menonton sebuah karya yang nantinya disampaikan kepada pembaca dalam teks ulasan memakai bahasa serta budpekerti yang sopan.

Struktur Teks Ulasan
Teks Ulasan juga mempunyai unsur menyerupai halnya teks-teks lainnya. Struktur yang terdapat dalam teks ulasan mencakup orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Untuk memahami setiap bab pada struktur teks ulasan berikut klarifikasi dari setiap bagian-bagian tersebut.

Orientasi
Orientasi yaitu , bab yang berisi wacana pengenalan wacana nama, kegunaan, latar belakang dan lain-lain sebagai citra umum dari sebuah karya yang akan dibahas.

Tafsiran
Pada bab ini penulis akan mengungkapkan wacana pandangannya terhadap karya yang diulas biasanya dengan membandingkan karya tersebut dengan karya lain yang dinilai serupa.Serta memperlihatkan penilaian wacana kualitas, kelebihan, serta kekurangan dari karya yang diulas tersebut. Dalam bab ini juga bisa berisi citra rinci dari sebuah karya.

Evaluasi
Pada bab ini , penulis teks ulasan akan mengutarakan pandangannya terhadap suatu karya sehabis melaksanakan tafsiran terhadap karya tersebut.Dibagian ini pengulas juga akan menekankan poin-poin dalam karya yang dianggap mempunyai nilai kelebihan maupun kekurangan dalam karya tersebut.

Rangkuman
Pada bab ini berisi wacana kesimpulan yang diperoleh dari pengulasan sebuah karya. Pada bab ini juga pengulas akan memperlihatkan komentar terhadap karya yang telah diulasnya apakah karya tersebut pantas untuk dilihat (bagus) atau jelek.

Setelah membahas struktur dari Teks Ulasan sekarang saatnya kita melihat Contoh dari Teks ulasan sebagai berikut

Contoh Teks Ulasan
Berikut yaitu contoh teks ulasan film laskar pelangi

Film Laskar Pelangi merupakan sebuah film yang dibentuk pribadi oleh Riri Riza dengan berdasarkan Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Karya ini bercerita mengenai kehidupan bawah umur yang tinggal di Pulau Belitong (Belitung) dengan secara umum dikuasai penduduknya merupakan suku Melayu dan Tionghoa, bawah umur tersebut masih mempunyai semangat yang tinggi untuk sanggup mengecap pendidikan setinggi mungkin walaupun dibatasi dengan keadaan ekonomi keluarga mereka yang serba susah.
 Pada kesempatan kali ini kita akan memperdalam pengetahuan kita mengenai sebuah bahan un Teks Ulasan, Pengertian, Struktur Beserta Contoh Teks ulasan
contoh teks ulasan film laskar pelangi
Cerita ini berkisah dari sebuah sekolah Muhammadiyah yang telah menjadi kawasan bawah umur tersebut berguru terancam akan dibubarkan oleh Depdikbud provinsi alasannya yaitu siswa yang berguru kurang dari 10 anak.Akhirnya cita-cita pun tiba ketika upacara pembukaan,seorang ibu membawa anaknya yang benama harun untuk didaftarkan di sekolah tersebut sehingga sekarang sekolah muhammadiyah mempunyai jumlah murid genap 10 orang, dengan demikian sekolah Muhammadiyah tidak jadi ditutup.Karena insiden itu seorang guru perempuan yang mengajar di sekolah tersebut yang berjulukan Bu Muslimah memperlihatkan nama julukan kepada mereka dengan sebutan anak Laskar Pelangi
Baca juga: bahasa-indonesia" target="_blank">Contoh Teks Ulasan Film, Novel, Buku Singkat Beserta Strukturnya
Semua anak murid yang berguru di sekolah tersebut mempunyai aksara dan kelebihannya masing-masing. Yang pertama, si Mahar. Walaupun perilakunya suka sembrono dan lucu, namun ia punya minat dan juga talenta di bidang seni, dari bakatnya tersebut ia telah memperlihatkan kemenangan untuk sekolah Muhammadiyah pada karnaval dengan tarian tradisional ciptaanya sendiri. Yang kedua Lintang, beliau yaitu anak seorang nelayan tetapi ia mempunyai otak yang sangat jenius Dia sanggup membuat rumus-rumus matematika serta telah mengharumkan nama sekolah Muhammadiyah dalam lomba cerdas cermat . Lintang yaitu seorang anak yang sangat luar biasa menyerupai yang diceritakan dalam sebuah lirik lagu berjudul lintang. Selanjutnya selain mereka ada Ikal, yang sangat berbakat dalam bidang sastra serta masih ada bawah umur lainya.

Persoalan demi duduk kasus yang dihadapi para bawah umur tersebut dalam dongeng memperlihatkan kita pandangan,jika diluar sana masih banyak bawah umur yang kurang bisa namun masih tetap mempunyai semangat untuk menggapai mimpi mereka dengan bersekolah . Soundtrack Laskar Pelangi sendiri mempunyai lirik yang anggun serta sangat menginspirasi. Dimana dilirik tersebut dikatakan kalau kita mempunyai mimpi dan kemauan apapun halangan dan rintangan yang akan kita lewati niscaya akan ada jalannya bagi kita untuk menggapai mimpi itu.

Untuk kalian yang pernah membaca novelnya juga,pastinya kalian tahu makna kisah yang terselip pada dongeng ini serta unsur pendidikan yang terasa sangat kental ada dalam dongeng ini .Dari novel maupun filmnya pun tidak mempunyai perbedaan dalam hal cerita, satu-satunya perbedaan keduanya hanya terletak pada sisi visualnya saja .Untuk kalian yang gemar membaca sambil membanyangkan dongeng kalian bisa membaca novelnya.Dan untuk kalian yang tidak suka membaca kalian juga sanggup menonton filmnya

Keterangan Struktur pada teks ulasan Laskar Pelangi :

Orientasi : Pada Paragraf 1
Tafsiran : Paragraf 2-3
Evaluasi: Paragraf 4
Kesimpulan: Paragraf 5

Sekian pembahasan mengenai Teks Ulasan, Pengertian, Struktur Beserta Contohnya. Semoga sanggup membantu teman-teman dalam memahami bahan tersebut.
Sumber http://materi4belajar.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar