Sabtu, 04 April 2009

Contoh Teks Informasi Singkat (Contoh, Naskah Dan Penjelasan)

Contoh Naskah Berita Singkat (Contoh, Naskah dan Penjelasan) - Contoh naskah info atau teks info singkat yang mengandung unsur 5W dan 1H merupakan kelanjutan bahan pada artikel sebelumnya wacana pengertian, struktur, dan ciri-ciri teks info yang sebelumnya telah kita bahas secara mendalam. maka kali ini kita akan membahas wacana pola teks atau naskah berita. Jika kita ingat kembali teks info ialah suatu teks yang berisikan informasi mengenai sebuah peristiwa atau suatu hal yang terjadi dan menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Penyajian info biasanya disampaikan melalui koran, siaran televisi, radio maupun majalah.

Contoh naskah info haruslah mengandung unsur pertanyaan yang mengacu pada 5W dan 1H yakni: Who, what, why, where, which, dan how yang dalam bahasa indonesia mempunyai arti siapa, apa, bagaimana, dimana, bilamana, dan mengapa.

Mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya kenapa pola teks info dan naskah info harus mengandung unsur 5W dan 1H? Teks info haruslah mengandung unsur 5W dan 1H bertujuan biar informasi yang disampaikan sesuai dengan kaidah struktur kebahasaan dalam penyampaian sebuah berita. Penggunaan 5W dan 1H berfungsi biar naskah info atau teks info yang disampaikan mempunyai cukup informasi dan tidak menibulkan kesalahpahaman pada pendengarnya.

Contoh Teks Berita Singkat (Naskah Berita Singkat)

 Contoh naskah info atau teks info singkat yang mengandung unsur  Contoh Teks Berita Singkat (Contoh, Naskah dan Penjelasan)
Nah sesudah kita membaca sedikit klarifikasi mengenai apa itu teks berita, maka kini saatnya kita menyimak pola teks info atau naskah info dibawah ini. Berita yang cantik tentunya mempunyai struktur dan sususan biar gampang dipahami mulai dari pembukaan, inti info dan epilog harus sesuai dan berpadu menjadi satu-kesatuan.
Baca Juga : pengertian-struktur-teks" target="_blank">Pengertian, Ciri-ciri, Struktur Teks Berita Lengkap
Contoh Naskah Berita Mina

Pembukaan :
Selamat siang para pemirsa setia, Saya akan memberikan info paling hangat dan teraktual hari ini. Bersama saya nining di sekilas info. Pada kamis, 24 september 2015 lalu, terjadi sebuah peristiwa di kota Mina.Yang disebabkan para jemaah haji yang terlalu banyak sehingga mereka berdesak-desakkan dikala berada di kota Mina dan menjadikan jemaah yang lainnya terinjak-injak. Pemerintah masih berupaya untuk terus menelusuri jamaah Indonesia yang menjadi korban Mina, berikut liputannya.

Isi :
Kejadian di kota Mina menciptakan keluarga para jema'ah Haji Indonesia menjadi cemas. Pasalnya belum diketahui nasib rombongan haji yang terpisah. Pemerintah terus berupaya menelusuri semua Rumah Sakit di kota Mekkah. Data terakhir memperlihatkan sebanyak 860 jemaah haji dari semua negara termasuk dari Indonesia meningal dunia. Aryad Hidayat memberi penegasan bahwa sebanyak 35 mayat berhasil teridentifikasi sedangkan ada 90 jamaah masih belum kembali ke pemondokkan. Jenazah yang sudah teridentifikasi masih disimpan dalam trailer pendingin guna menjaga kondisi jenazah.
Baca Juga : pengertian-struktur-teks" target="_blank">Jenis dan Pengertian Teks Dalam Bahasa Indonesia
Penutup :
Itulah sementara info yang sanggup saya sampaikan. Sekilas info akan kembali dalam 60 menit berikutnya untuk memperlihatkan info dan perkembangan terbaru lainnya. saya nining mengucpkan banyak terimakasih.

Umumnya info yang mengandung kaidah kebahasaan memang mengundang kontroversi lantaran beberapa stasiun tv ibarat yang kita ketahui bertujuan menarik minat pendengar untuk mendengaran berita. Sebagai seorang pendengar didalam menentukan info kita juga harus pndai menentukan dan memilah mana info yang benar dan tidak pribadi mempercayai sebuah info tanpa sumber yang jelas.

Itulah teks info singkat yang sanggup dikutip dari liputan 6 petang pada 2015 silam. Perlu diingat bahwa naskah info yang disampaikan haruslah mengandung kaidah 5w dan 1h dan unsur info tersebut harus sanggup dipertanggungjawabkan kebenarannya. terimakasih


Sumber http://materi4belajar.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar