Kamis, 02 April 2009

Tahapan Alur Cerita: Pengertian Alur Dan Jenis Alur

Tahapan Alur Cerita: Pengertian Alur Dan Jenis Alur - Tahapan alur dongeng merupakan hal yang masuk akal dijumpai dalam proses pembuatan dongeng baik itu cerpen, novel, fiksi, fabel dan lain sebagainya. Alur dongeng terdiri dari alur maju, alur mundur, dan alur campuran. Penggunaan alur dongeng juga tidak hanya dipakai untuk karya tulis. Sebuah pementasan drama juga memerlukan alur untuk mengatur jalannya cerita. Lalu gotong royong apa pengertian alur dalam cerita? berikut yaitu bahan wacana pengertian dan tahapan alur cerita

Alur Cerita (Pengertian Alur Dan Jenis Alur)

Artikel kali ini akan membahas wacana tahapan alur atau lebih tepatnya tahapan alur dalam cerita. Materi alur dongeng kali ini akan dibagi menjadi dua bab yakni Pengertian Alur dan Jenis Alur. Berikut yaitu pembahasannya.
 Tahapan alur dongeng merupakan hal yang masuk akal dijumpai dalam proses pembuatan dongeng baik  Tahapan Alur Cerita: Pengertian Alur Dan Jenis Alur

Pengertian Alur Cerita
Alur yaitu jalan dongeng yang berbentuk rangkaian insiden dari awal dongeng hingga simpulan cerita. Alur sendiri berfungsi untuk mengatur jalannya sebuah cerita, Tanpa alur yang terang maka dongeng tidak akan mempunyai konsep dan jalan yang baik.

Jenis Alur Cerita

Alur Maju
Alur maju merupakan alur dongeng yang sering dijumpai dalam dongeng berbentuk cerpen dan novel. penggunaan alur dongeng maju sangat gampang dan praktis alasannya yaitu latar dan waktu dongeng berjalan dari awal waktu hingga simpulan waktu.

Alur Mundur
Alur mundur merupakan kebalikan dari alur maju. Alur maju cenderung digunaan untuk dongeng yang mempunyai konsep "Flashback". Penggunaan alur mundur sangat terkenal dipakai untuk menceritakan pengalaman seseorang maupun masalalu seseorang.

Alur Campuran
Alur adonan merupakan gabungan dari alur maju dan alur mundur. Meskipun penggunaanya sangat kompleks dan terkesan rumit namun penggunaan alur adonan sangat digemari untuk menceritakan karangan novel maupun drama.
Baca Juga: Contoh Cerpen Singkat Tentang Persahabatan
Tahapan Alur Cerita

Untuk membuat sebuah alur atau jalan dongeng tentunya harus memperhatikan tahapan-tahapan tertentu semoga sanggup membuat alur dongeng yang menarik. berikut yaitu tahapan alur yang dipakai untuk membuat cerita

Tahap Perkenalan 
Dalam tahap ini pengarang harus memperkenalkan tokoh-tokoh yang akan terlibat dalam cerita, dan memperlihatkan sedikit citra wacana latar kawasan dan jalannya cerita. Tahap perkenalan juga sering disebut sebagai tahap eksposisi alasannya yaitu bersifat memaparkan isu meskipun hanya sebagian saja.

Tahap Konflik
Pada tahap ini menceritakan tokoh utama yang terlibat sebuah problem dengan individu maupun sebuah kelompok. Tahap konflik sanggup dikembangkan menjadi tahapan konflik yang lebih panas.

Tahap Komplikasi
Pada tahap ini, tokoh utama terlibat permasalahan yang lebih serius dengan tokoh lainnya. Tahapan ini merupakan lanjutan dari tahap konflik sebelumnya. Ciri-ciri dari tahap komplikasi yaitu terjadinya perbedaan pendapat maupun rasa egois yang terjadi antar tokoh.
Baca Juga : Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia
Tahap Klimaks
Tahap titik puncak merupakan tahapan konflik yang sudah ada dipuncak permasalahan. Tahapan ini ditandai dengan adanya jalan penyelesaian dari problem yang ditawarkan oleh masing-masing tokoh. Tokoh yang bersifat protagonis cenderung menentukan jalan penyelesaian secara baik dan kekeluargaan namun tokoh protagonis akan menentukan jalan penyelesaian sesuka hatinya. Kehadiran pihak ketiga atau sering disebut tritagonis yaitu sebagai penengah antara tokoh antagonis dan tokoh protagonis.

Tahap Anti Klimaks
Pada tahap ini permasalahan mulai meredam dan berkurang, para tokoh menuntaskan permasalahan menurut komitmen maupun tidak.

Tahap Penyelesaian
Tahap penyelesaian yaitu Ending dari sebuah cerita. Terdapat dua jenis ending yakni sad ending dan happy ending. Happy ending terjadi jikalau tokoh protagonis memenangkan perselisihan dan Sad ending terjadi apabila tokoh antagonis memenangkan perselisihan.

Itulah Tahapan Alur Cerita, Pengertian Alur, Dan Jenis Alur yang sanggup materi4belajar sampaikan. Terimakasih
Sumber http://materi4belajar.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar