Jumat, 03 April 2009

Contoh Cerpen Singkat Romantis Ihwal Cinta (Contoh, Struktur, Alur Dan Tema)

Contoh Cerpen Romantis Tentang Cinta (Contoh, Struktur, Alur dan Tema) - Cerpen merupakan karya tulis yang berupa kisah atau kisah hidup seseorang yang bersifat karangan fiktif maupun kisah nyata. Cerpen yaitu akronim dari kisah pendek, dan merupakan salah satu dari banyak sekali bahasa-indonesia" target="_blank">jenis teks dalam bahasa indonesia. Jika mendengar kalimat cerpen pendek tentunya kita akan teringat dengan pelajaran bahasa indonesia disekolah sebab umumnya cerpen ini dijumpai ketika kita masih dalam dingklik sekolah.

Cerpen romantis wacana cinta mempunyai daya tarik tersendiri bagi pembacanya sebab di dalam cerpen cinta biasanya kita akan disuguhi kisah sedih, haru, bingung dan juga mengandung unsur romantis didalamnya. Dalam beberapa kasus, kumpulan cerpen wacana cinta juga sering dibukukan dan dijadikan sebagai novel dengan tujuan untuk menarik minat pembacanya.
Baca Juga : bahasa-indonesia" target="_blank">Teks Cerpen (Pengertian, Ciri-ciri, Jenis Dan Contoh)
Berdasarkan ceritanya cerpen sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Setiap jenis cerpen tentunya mempunyai nilai-nilai kehidupan yang sanggup kita ambil sebagai hikmahnya. Jenis-jenis cerpen kalau dilihat dari segi suasana yaitu sebagai berikut :

  1. bahasa-indonesia" target="_blank">Cerpen Persahabatan (Bercerita wacana kekerabatan pertemanan)
  2. Cerpen Romantis (Biasanya bercerita wacana cinta)
  3. Cerpen Sedih (Berkisah wacana kesedihan yang harus dihadapi oleh seseorang)
  4. Cerpen Legenda (Bercerita wacana legenda jaman dulu)
  5. Dan lain sebagainya

Dari sekian banyak cerpen diatas, kali ini materi4belajar akan membahas wacana contoh cerpen wacana cinta sejati (romantisme). Dengan membaca pola cerpen romantis ini dharapkan kita sanggup mempelajari alur, gaya bahasa, latar, dan komponen kisah yang lainnya. berikut kita simak cerpen romantis dibawah ini :

Contoh Cerpen Romantis Tentang Cinta Sejati

 Cerpen merupakan karya tulis yang berupa kisah atau kisah hidup seseorang yang bersifat  Contoh Cerpen Singkat Romantis Tentang Cinta (Contoh, Struktur, Alur dan Tema)
Cerpen Cinta Sejati Romantis

Icha tengah termangu memandangi langit malam yang penuh bintang bertaburan berkelip diangkasa pada malam itu. Icha sedang memikirkan seseorang yakni mantan kekasihnya, sebab mereka gres saja putus hubungan.
“kenapa kok tega banget sih ia sama icha, padahal saya sayang banget, cinta banget sama ia tapi kenapa ia pergi dari saya hanya untuk orang wanita lain” Curhat icha kepada sobat cowoknya.
“Udahlah, mending kau move on deh, cari pemuda lain yang lebih baik dari dia” jawab eko (temannya)
“tapi kan ko, Nyari pemuda buat gantiin ia itu nggak semudah itu” sahut icha.
“Memang sesulit apa cari pengganti mantanmu itu sih?” tanya eko
“Aku enggak mau disakitin lagi, saya harus cari orang yang bener-bener cinta sama aku” jawab chacha
“aku cinta sama kamu, sayang sama kamu” ujar eko
“Bercandamu enggak lucu ko” sahut Icha
“Aku serius cha, saya tuh beneran sayang kau cinta kamu, saya bisa kok jaga kau hingga kapanpun kau mau kan jadi pacar aku?” tatap eko dengan penuh harap
“em... kalo emang kau beneran cinta sama aku, sepakat deh saya mau” jawab icha

Pada malam itu kisah cinta mereka berdua pun dimulai dengan indah.
Janji untuk saling menjaga dan menyayangi hingga ajal menjemput pun di ikhrarkan oleh keduanya.
Hari demi hari mereka menjalaninya dengan penuh cinta.
Disaat icha kehujanan eko pun berusaha memeluk icha dengan erat.
Disaat icha terluka pun eko juga akan sigap mengobati lukanya.
Sampai suatu hari icha menemukan secarik kertas surat dimeja sekolahnya.
Dibukalah kertas itu dan dibacanya

“Sayangku, kalau suatu hari saya sudah tidak disampingmu untuk selalu menyayangi dan menemanimu, janganlah kau teteskan satu butir air mata untukku.
Ingatlah, saya akan selalu bersamamu, dimanapun, dan kapanpun.
Aku akan tetap menepati janjiku kepadamu untuk selalu menjaga dan melindungimu, sekalipun kau tidak bisa bisa meluhatku saya akn berusaha yang terbaik untukmu.
Sayangku, mulai kini jagalah dirimu, jangan mencariku sebab itu akan sia-sia saja.
Aku akan selalu sayang padamu selamanya. Love u Icha
Dari: Eko” Bunyi surat itu.

Setelah membaca surat itu hati Icha menjadi tidak hening dan gelisah. Akhirnya ia bertanya pada temannya ririn

“cha, kau kenapa?” tanya ririn
“Aku enggak ngerti maksutnya eko, ia ngasih surat ini ke aku” jawab Icha
“Emm cha, emang kau belum tau yang terjadi sama eko??” Tanya ririn lagi
“Apa rin??? apa yang terjadi?” Icha bertanya balik
“Eko barusan mengalami kecelakaan parah cha, dan kini ia keritis di rumah sakit” Jawab ririn.

Icha yang terkejutpun pribadi berangkat pergi ke rumah sakit dengan ririn.
Icha melihat Eko terbaring lemah di UGD, dibantu dengan alat pernafasan seadanya.
Icha pun menerobos masuk encoba untuk masuk ke ruang rawat namun dokter dan suster menjadi penghalang icha dengan eko ketika itu. Tidak usang berselang dokterpun keluar ruangan UGD
Dokter memberitahukan bahwa eko sudah meninggal dunia.
Seketika itu juga Icha pribadi drop dan menangis tanpa henti sebab merasa kecewa terhadap diri sendiri yang tidak bisa menjaga eko kekasihnya.
Ichapun pulang dengan perasaan lesu dan tidak mempunyai semangat lagi untuk menjalani hidup.

Keesokan harinya ririn mencoba untuk menemui Icha di kontrakannya, kebetulan icha menempati kontrakan seorang diri. Betapa kagetnya ririn sebab menemukan Icha dikamar mandi dengan tangan berlumuran darah. dan sedang memegang secarik kertas.
“Mungkin tindakanku ini sangat salah, dan sangat berdosa.

Tapi jujur saya sudah tidak tahan dengan kehidupanku sekarang. Ditinggalkan oleh kekasihku yang benar-benar mencintaiku. Aku akan segera menyusulmu dan mugkin kita akan bertemu dan senang di alam sana.
Aku juga akan menepati janjiku kepadamu, bahwa akan mencintaimu didunia dan di akherat sana.
Eko, saya sayang padamu hingga final nafasku."
Dari : Icha

Itulah cerpen romantis wacana cinta murung yang romantis yang sanggup kita ambil manfaatnya. Sepatutnya kita tidak menggandakan Icha dalam cerpen ini, sebab bunuh diri yaitu hl yang tidak boleh oleh agama. Kita tidak boleh berputus asa dan mengalah dalam menghadapi cobaan hidup. Dan cara yang diakukan icha yaitu sebuah kesalahan besar. Selalu ingat bahwa Allah tidak akan memperlihatkan ujian diluar batas kemampuan hambanya. Terimakasih.
Sumber http://materi4belajar.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar