Kamis, 02 April 2009

Pengertian Kalimat Sindiran, Ciri-Ciri, Tujuan Dan Referensi Kalimat Sindiran

Pengertian kalimat sindiran, ciri-ciri, Tujuan dan teladan kalimat sindiran – Apa itu kalimat sindiran? Kalimat sindiran sangat identik dengan cara menyindir seseorang. Jika mendengarkan kata sindiran tentunya yang telintas di benak kita yaitu cara menyindir atau cara untuk menyinggung seseorang dengan memakai ucapan. Kalimat sindiran dalam bahasa indonesia yaitu salah satu jenis kalimat yang sangat terkenal dan dijadikan sebagai bahan pembelajaran di sekolah. Dalam kehidupan sehari-hari kalimat sindiran sering dipakai untuk menegur atau menyinggung seseorang secara halus.
 Kalimat sindiran sangat identik dengan cara menyindir seseorang Pengertian kalimat sindiran, ciri-ciri, Tujuan dan teladan kalimat sindiran

Pada kesempatan kali ini materi4belajar akan membahas perihal kalimat sindiran yang meliputi pengertian kalimat sindiran, ciri-ciri kalimat sindiran, tujuan kalimat sindiran dan yang terakhir teladan kalimat sindiran. Dengan mempelajari apa itu kalimat sindiran diperlukan sanggup meningkatkan pengetahuan kita dalam penggunaan bahasa.

Kalimat Sindiran, Pengertian Kalimat sindiran, Ciri, Tujuan, Dan Contoh Kalimat Sindiran

Menyindir yaitu perbuatan dimana kita mengungkapkan rasa tidak oke yang terkesan kontradiktif terhadap lawan bicara kita lewat kalimat sindiran yang halus baik itu secara eksklusif maupun tidak langsung. berikut yaitu klarifikasi perihal pengertian kalimat sindiran, ciri-ciri, tujuan kalimat sindiran, dan teladan kalimat sindiran.
Baca Juga : bahasa-indonesia" target="_blank">Jenis Teks dalam bahasa Indonesia
Pengertian kalimat Sindiran

Kalimat sindiran yaitu kata-kata sindiran yang disusun sedemian rupa yang bertujuan untuk menyinggung atau menegur lawan biacara. penyampaian sindiran biasanya diucapkan dengan kalimat pujuan yang baik dan halus namun bergotong-royong kata-kata yang diucapkan sangat berlawanan dengan kenyataan yang terjadi. sehingga menyebabkan kesan Ironi.

Ciri-Ciri Kalimat Sindiran

kata-kata sindiran biasanya mengadung ciri-ciri ibarat dibawah ini :

  • Diucapkan dengan halus.
  • Terkesan memperlihatkan pujian.
  • Kata-kata sindiran berlawanan dengan fakta atau keadaan yang sebenarnya.

Tujuan Kalimat Sindiran

Penggunaan kalimat sindiran bertujuan untuk mengungkapkan rasa tidak suka, rasa tidak setuju, dan cenderung kontradiktif terhadap seseorang. Perasaan tidak suka ini balasannya diungkapkan dengan kalimat yang halus dan baik, namun maksud dari kalimat ini bergotong-royong yaitu untuk menyinggung atau menegur seseorang. Dalam memakai kalimat sindiran kita mesti berhati-hati, penggunaan kalimat sindiran yang berlebihan sanggup berakibat buruk alasannya yaitu sanggup menyakiti perasaan lawan bicara kita.
Baca Juga : bahasa-indonesia" target="_blank">Pengertian Frasa, Ciri-ciri, Dan Contoh Frasa
Contoh kalimat sindiran

Dalam banyak sekali aspek dan segi kehidupan kalimat sindiran sanggup dipakai untuk menyindir atau mengungkapkan rasa tidak suka kita kepada lawan bicara. Berikut yaitu beberapa teladan kalimat sindiran yang sanggup anda pelajari.

Kalimat sindiran langsung
Diamlah, suaramu itu jelek.
Karyamu itu jelek, jadi tidak ada yang berminat untuk membeli karyamu.
Tidak usah ikutan masak, asal kau tau masakanmu itu tidak lezat sama sekali.

Kalimat sindiran tidak langsung
Nafasmu amis sekali ibarat habis makan bunga bangkai
Tulisanmu sangat indah ketika dibaca ibarat jejak kaki ayam.
Kamu niscaya tidur nyenyak semalam, sampai-sampai kantung matamu jadi hitam.
Suaramu merdu sekali sampai-sampai beling rumahku pecah semua.

Itulah bahan tentang kata-kata sindiran dan kalimat sindiran yang sanggup dipelajari. Berhati-hatilah dalam memakai kata-kata sindiran alasannya yaitu sanggup melukai perasaan lawan bicara kita. Terimakasih.

Sumber http://materi4belajar.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar