Rabu, 01 April 2009

Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Dan Contoh

Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Dan Contoh -Teks laporan hasil observasi yaitu teks yang berisi pembagian terstruktur mengenai hasil observasi atau penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Teks laporan hasil observasi termasuk kedalam jenis teks laporan yang bersifat secara umum (Universal). Teks laporan observasi pada umumnya berkaitan dengan pengelompokan suatu hal yang diobservasi sesuai dengan ciri-ciri dan jenisnya. Teks hasil observasi juga menjembatani hubungan yang terjadi antara suatu kelas jenis dengan sub-kelasnya.

Para andal menafsirkan bahwa pengertian teks laporan hasil observasi yaitu teks yang bersikan perihal sebuah rangkuman atau laporan dari hasil sebuah pengamatan atau observasi yang dikemas kedalam bahasa baku maupun tidak baku tergantung pada tingkat laporan itu sendiri.

Sama menyerupai teks pada umumnya, teks laporan hasil observasi tentunya mempunyai pengertian, struktur teks, dan ciri-ciri yang sanggup kita pelajari. Pada artikel kali ini kita akan membahas secara dalam perihal pengertian teks laporan hasil observasi lengkap dengan struktur, ciri-ciri, dan contoh teks laporan hasil observasi.

bagi sebagian siswa yang gres menduduki dingklik smp atau sma dan pribadi mendapat kiprah observasi tentu akan merasa kebingungan perihal cara menyusun teks laporan hasil observasi ini. Didalam bahan teks laporan hasil observasi kita sanggup membaginya menjadi beberapa sub bahan yakni pengertian teks laporan hasil observasi, struktur, dan ciri-ciri serta contohnya.

Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Dan Contoh
Teks laporan hasil observasi yaitu teks yang berisi pembagian terstruktur mengenai hasil observasi atau pene Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Dan Contoh

Teks laporan hasil observasi umumnya dijumpai pada jenjang sekolah terutama Sekolah Menengan Atas dan SMK. murid-murid Sekolah Menengah kejuruan biasanya memakai menyusun laporan hasil observasi guna memenuhi kiprah kunjungan industri. sedangkan murid Sekolah Menengan Atas umumnya menyusun laporan hasil observasi untuk memenuhi kiprah penelitian.

Pegertian Teks Laporan Hasil Observasi

Berdasarkan pernyataan diatas sanggup disimpulkan bahwa teks laporan hasil observasi merupakan jenis teks yang termasuk dalam teks laporan dan dipakai untuk memberikan hasil dari suatu acara observasi maupun penelitian.
Baca Juga: Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Strukturnya
Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Struktur teks laporan hasil obserasi memuat bagian-bagian yang dipakai sebagai pola untuk menciptakan laporan hasil observasi.
  • Pernyataan umum: pernyataan umum merupakan pengantar dari laporan hasil obserasi yang berisi perihal pembagian terstruktur mengenai dan pengertian dari apa yang akan diobservasi.
  • Penjelasan rinci: berisikan klarifikasi secara rinci dari masing-masing paragraf.
  • Penjabaran manfaat: Berisi klarifikasi manfaat dari observasi dan objek observasi.
  • Penutup: merupakan hasil konklusi atau kesimpulan dari hasil observasi.
Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi mempunyai tiga ciri-ciri khusus yakni:
  1. Bersifat secara umum.
  2. Lebih menekankan pengelompokan dari banyak sekali hal kedalam sebuah jenis menurut ciri dari setiap jenis pada umumnya.
  3. Menghubungkan antara kelas dengan sub-kelas dari objek observasi.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi
Berikut ini yaitu contoh teks laporan hasil observasi perihal lingkungan.

Lingkungan

Pernyataan Umum
Lingkungan merupakan kombinasi dari kondisi fisik (sumber daya alam yakni:tanah, energi, air, surya, beserta tumbuhan dan fauna yang hidup di atas permukaan tanah maupun dalam laut.

Anggota / Aspek yang Dilaporkan
Masyarakat merupakan sekumpulan insan yang tinggal di dalam lingkungan, insan mempunyai kewajiban untuk menjaga dan merawat lingkungan beserta dengan isinya. namun tidak sedikit juga insan yang tidak sanggup menjaga lingkungan daerah tinggalnya.

Anggota / Aspek yang Dilaporkan
Pada tahun ini dilaporkan volume banjir semakin meningkat. alasannya yaitu insan tidak sanggup menjaga kebersihan lingkungan balasannya mereka membuang sampah di sungai. sampah yang menumpuk balasannya menciptakan fatwa sungai tersumbat dan mengakibatkan pendangkalan sungai.”

Anggota / Aspek yang Dilaporkan
Sebagai seorang insan hendaknya kita sanggup mengemban kewajiban untuk menjaga lingkungan tetap bersih. Dengan tetap menjaga lingkungan maka kita sanggup terhindar dari peristiwa banjir.

Itulah bahan perihal teks laporan hasil observasi dan supaya bermanfaat. Terimakasih
Sumber http://materi4belajar.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar