Rabu, 01 April 2009

8 Pola Teks Laporan Hasil Observasi Singkat (Laporan Hasil Observasi Dan Strukturnya)

pengertian" target="_blank">teks laporan hasil observasi kita akan membahas lebih dalam wacana contoh laporan hsil observasi. Pada arikel kali ini kita akan membahas contoh laporan hasil observasi secara spesifik dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman wacana teks laporan hasil observasi. Sebelum membahas contoh laporan, kita ingat kembali bahwa teks laporan hasil observasi merupakan teks yang termasuk dalam jenis teks laporan yang bersifat general dan berisikan hasil dari suatu observasi maupun penelitian.

Pada daasarnya teks laporan merupakan sebuah teks yang disusun untuk memenuhi kiprah atau penelitian wacana suatu hal. Jika dikaji lebih dalam terdapat berbagai contoh teks laporan hasil observasi yang sanggup kita pelajari. dan contoh laporan hasil observasi tersebut diklasifikasin menjadi beberapa topik dan suub topik yakni, laporan hasil observasi kunjungan industri, laporan hasil observasi penelitian, laporan hasil observasi wilayah dan lain sebagainya.

Mengingat banyaknya kategori di atas maka saya akan memperlihatkan beberapa contoh teks laporan hasil observasi menjadi beberapa artikel yang akan saling sambung-menyambung.
Baca Juga: pengertian" target="_blank">Teks Laporan Hasil Observasi (Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Dan Contoh

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi (Laporan Hasil Observasi Dan Strukturnya)

Pada dasarnya terdapat berbagai contoh teks laporan hasil observasi yang sanggup kita jadikan pola dalam pembuatan laporan sesudah kita melaksanakan observasi. Dalam menciptakan teks laporan hasil observasi kita perlu memperhatikan struktur teks laporan hasil oberservasi itu sendiri. Adapun struktur teks laporan hasil observasi terdiri dari definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat.

  1. Definisi umum : Merupakan belahan pada teks laporan hasil observasi yang menjelaskan wacana definisi objek yang kita observasi secara umum.
  2. Deskripsi belahan : hampir sama ibarat definisi umum, deskripsi belahan berisi wacana kumpulan deskripsi secara detail wacana hal yang kita observasi.
  3. Laporan manfaat : merupakan belahan inti dan kesimpulan dari contoh teks laporan hasil observasi yang membuktikan wacana manfaat apa yang kita sanggup sesudah mengamati suatu hal.
Dalam menyusun contoh teks laporan hasil observasi kita juga harus melaporkan data data yang valid dan melampirkan bukti pada belahan lampiran. Jika kita mengambil narasumber maka kita juga harus mencantumkannya pada belahan acuan terkait.

Laporan hasil observasi wacana pohon pisang

Definisi umum
Pohon pisang (musa paradisiaca) yaitu tumbuhan berbentuk terna raksasa dengan batang semu yang permukaannya terlihat bekas pelepah daun.Tinggi pohom ini sanggup mencapai 3 meter.Tanaman ini sanggup tumbuh di tanah di tanah yang cukup ait pada tempat yang ketinggian hingga 2000 meter di atas permukaan laut.Pisang yaitu sebutan dari nama buah yang dihasilkan flora ini.

Deskripsi bagian
Tumbuhan ini dimanfaatkan semua bagiannya oleh insan sehingga dianggap sebagai flora serbaguna.Tumbuhan ini orisinil berasal dari Asia Tenggara.Bagian-bagian dari flora ini yaitu bonggol pisang, batang pisang, daun pisang, bunga pisang, dan buah pisang.

Deskripsi manfaat
Buah pisang kaya manfaat disamping sebagai sumber vitamin,mineral,karbohidrat bagi tubuh.Pisang juha mempunyai manfaat lain yaitu hampir diseluruh tumbuhan pisang sanggup dimanfaatkan.
  1. Buah sanggup dimakan eksklusif tetapi juga sanggup dijadikan materi olahan ibarat keripik, sale pisang, dan tepung pisang.
  2. Daun yang masih menggulung sanggup dijadikan obat dan daunnya yang sudah bau tanah sanggup untuk membungkus makanan.
  3. Batang ketika ditebang akan mengeluarkan getah, getah itu sanggup dijadikan obat diare, obat sentri, dan terusan kencing.
  4. Bunga yang berwarna unggu sanggup dijadikan sebagai olahan sayuran.
Selain contoh teks laporan hasil observasi pada flora di atas, masih terdapat berbagai contoh laporan hasil observasi lainnya. Seperti contoh teks laporan hasil observasi kunjungan industri, penelitian dan lain sebagainya.

Seringkali acara praktikum yang terdapat di sekolah juga melibatkan penelitian, pengamatan dan observasi. dan di selesai dari praktikum kita akan diminta untuk menciptakan resensi atau kesimpulan praktikum. Dengan kata lain kita diminta untuk menciptakan laporan hasil observasi itu sendiri. Berikut yaitu contoh teks laporan hasil observasi singkat wacana praktikum pengolahan produk susu.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi / Praktikum Pengolahan Susu

Susu merupakan hasil utama dari perjuangan peternakan sapi perah , tanpa ada susu tak ada kata 4 sehat  5 sempurna.  Kebutuhan susu dikala ini meningkat pesat seiring dengan pertumbuhan penduduk, di Indonesia  hampir 80% kebutuan susunya  harus mengimpor dari negara lain ibarat  New Zealand, Australia, Belanda . Selain kebutuhan susu yang meningkat susu juga mempunyai  kelemahan yaitu gampang rusak. Susu pasca panen akan cepat mengalami kerusakan jikalau tidak segera di tangani dengan baik, susu harus di tangani sesudah di perah ibarat disaring dan di masukkan ke pendingin supaya sanggup mempertahankan kualitas dari susu tersebut,  setelah mempertahankan kualitas tentunya biar susu lebih abadi perlu adanya pengolahan susu.
Paragraf pertama dan kedua merupakan definisi umum (latar belakang) dalam contoh teks laporan hasil observasi
Pengolahan susu merupakan  cara biar susu sanggup abadi dan sanggup di konsumsi oleh konsumen, pengolahan susu sanggup berupa susu pasteurisasi, susu uht,susu kental manis . selain itu  susu juga sanggup di olah menjadi produk-produk masakan atau minuman yang lain yaitu ibarat ice cream, karamel dan yoghurt. Ice cream  merupakan poduk olahan susu yang mempunyai cita rasa tinggi dan selalu menjadi kesukaan para konsumen, dengan adanya olahan susu berupa ice cream  maka sanggup menjadi alternatif bagi orang-orang yang kurang begitu suka dengan susu cair. Karamel susu merupakan perpaduan antara susu dengan gula, karamel sanggup bertahan hingga 6 bulan lebih, ini tentunya sangat menguntungkan sebab biasanya produk susu populer dengan produk yang gampang rusak, dengan adanya pengolahan berupa karamel maka produk susu ini lebih tahan lama/ abadi selain karamel susu  Yoghurt juga produk dari olahan susu. yoghurt merupakan produk hasil fermentasi antara sussu denga basil yang akhirnya 
Paragraf ketiga dalam contoh teks laporan hasil observasi ini berfungsi sebagai definisi spesifik yang menjelaskan wacana alat dan materi serta proses pembuatan susu
Eskrim atau ice cream merupakan produk olahan yang dihasilkan dari materi utama susu, pemanis, maupun perasa makananan. Pembuatan ice cream tidak terlalu sulit materi yang diperlukan hanyalah susu segar, gula sebagai embel-embel dan perasa masakan khusus ibarat coklat, strawberry, mellon dan lain sebagainya. Dengan dibantu peralatan separator, Timbangan, Kompor, Panci, Pengaduk, Termoneter, Freezer, Mixer, Timbangan digital susu sanggup dibentuk dan diproduksi secara masal untuk memenuhi kebutuhan pasar.
paragraf terakhir dibawah dalam contoh teks laporan hasil observasi berfungsi sebagai penjelas atau kesimpulan manfaat susu dalam pembuatan ice cream
Manfaat susu dalam pembuatan ice cream memang sudah tidak diragukan lagi. susu mempunyai kalsium tinggi yang akan memperkaya gizi dalam sebuah ice cream. Pembuatan ice cream dari 7000 ml susu yang di separasi menjadi 2000 ml cream  menghasilkan ice cream sebanyak 50 cup. Dari uji organoleptic diatas ice cream mempunyai rasa yang yummy dengan manis yang pas serta mempunyai bertekstur lembut tetapi padat ,hal ini terjadi sebab pembekuan gabungan es krim dilakukan di dalam kulkas sehingga diperlukan waktu yang usang biar gabungan membeku sehingga gabungan menjadi padat kembali. Es krim yang lembut dihasilkan sebab gabungan mengembang jawaban terperangkapnya udara dikala dilakukan mixing, apabila gabungan tidak eksklusif beku maka udara yang terperangkap akan terlepas kembali dan hal itu yang mengakibatkan es krim menjadi keras/padat walaupun begitu untuk skala kecil dalam  pembuatan ice cream ibarat ini sanggup dikatakan sudah normal dan elok , sebab ice cream yang mempunyai tekstur lembut biasanya diproduksi oleh pabrik-pabrik besar dan terkenal.

Contoh teks laporan hasil observasi yang lebih formal sanggup kita temukan pada laporan pengamatan atau penelitian yang umumnya melibatkan proses dalam observasinya. Selain itu teks laporan hasil observasi kunjungan industru juga merupakan bentuk formal dari contoh teks ini.
Anda sanggup membaca contoh laporan hasil observasi lain yang tedapat pada artikel selanjutnya yang berjudul pengertian" target="_blank">8 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi pada Tumbuhan, Hewan, Alam dan Lingkungan Lengkap 
Itulah beberapa contoh dan struktur teks laporan hasil observasi yang sanggup kita pelajari. perlu kita ingat bahwa setiap contoh teks laporan hasil observasi singkat mempunyai struktur teks dan kaidah kebahasaan yang juga perlu kita ingat dan pelajari.Terimakasih.

Sumber http://materi4belajar.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar