Minggu, 05 April 2009

Paragraf Campuran, Pengertian, Rujukan Dan Ciri-Ciri

Paragraf Campuran, Pengertian, Contoh dan Ciri-Ciri - Setelah kita memahami apa itu paragraf induktif dan deduktif maka kali ini kita akan mempelajari wacana apa itu paragraf campuran. Paragraf adonan yakni Paragraf yang diawali dengan kalimat yang mengemukakan gagasan utama lalu disusul oleh kalimat-kalimat pendukung atau penjelas dan diakhiri juga oleh kesimpulan yang berisi gagasan utama pada kalimat di final Paragraf. Singkatnya paragraf adonan yakni paragraf yang mempunyai kalimat utama di awal dan di final paragraf atau adonan dari paragraf induktif dan deduktif.
 maka kali ini kita akan mempelajari wacana apa itu paragraf adonan Paragraf Campuran, Pengertian, Contoh dan Ciri-Ciri

Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Contoh Paragraf Campuran

Seperti yang kita baca diatas bahwa paragraf adonan yakni paragraf yang mempunyai kalimat utama di awal dan final paragraf dan merupakan kombinasi dari paragraf induktif dan paragraf deduktif.

Artikel Terkait : Paragraf Induktif dan Deduktif, Pengertian, Ciri, Dan Contoh

Ciri-ciri Paragraf campuran

Sama menyerupai paragraf induktif dan paragraf deduktif, paragraf adonan juga mempunyai ciri-ciri untuk membantu kita mengidentifikasinya.

  • Memiliki kalimat utama pada kalimat di awal Paragraf dan lalu diberi pementingan atau penegasan kembali pada kalimat di final paragraf.
  • Memiliki kata kunci yang bersisfat variatif atau sanggup diulang-ulang dn diganti dengan kata kunci lain.

Pola Paragraf campuran

Setelah mengetahui ciri-ciri paragrafa adonan sekarang saatna kita mengetahui pola atau struktur kalimat dari paragraf campuran.

  • Diawali dengan kalimat umum,
  • Disusul dengan kalimat khusus,
  • Disusul dengan kalimat khusus
  • Diakhiri dengan kesimpulan yang menjelaskan gagasan secara umum.
Contoh Paragraf Campuran

Manusia yakni makhluk beragam yang bersifat sosial. Artinya setiap acara dalam kehidupan kita memerlukan insan lainnya. Seperti teladan yakni dalam memenuhi kebutuhan pokok yang fundamental menyerupai makan, tentunya kita embutuhkan sosok orang lain menyerupai petani yang menanam beras di sawah untuk kita jadikan nasi nantinya, peternak yang berternak sapi atau ayam yang sanggup kita ambl dagingnya, nelayan yang menangkap ikan di maritim dan laiin sebagainya. Semua acara yang kita lakukan setiap harinya tidaklah luput dari campur tangan orang lain. Bahkan hingga final hidup kita, kita masi memerlukan orang lain untuk mengurus kita.
Baca Juga : 5 Contoh Paragraf Induktif Terbaru
Untuk memenuhi kebutuhan dan melangsungkan hidupnya, makhluk hidup tentunya membutuhkan makanan. Binatang yang notabennya hidup di alam dibekali dengan insting untuk membantu mereka berburu makanan. Sama halnya binatang dan tumbuh-tumbuhan insan juga memerlukan masakan untuk bertahan hidup dan daerah tinggal untuk melangsungkan hidupnya. Baik manusia, hewan, dan tumbuhan niscaya akan mati kalau tidak mendapat masakan dan minuman yang cukup. Makara sanggup disimpulkan kalau semua makhluk hidup memerlukan masakan dan air untuk diminum.

Itulah pengertian, contoh, dan ciri-ciri dari paragraf campuran, hal yang terpenting yang harus anda ingat yakni paragraf adonan yakni kombinasi atau gabungan dari paragraf induktif dan paragraf deduktif, yang artinya paragraf adonan mempunyai kalimat utama di awal dan di final paragraf.
Sumber http://materi4belajar.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar