Sabtu, 04 April 2009

4 Tumpuan Teks Dan Paragraf Deskripsi Singkat

pengertian-dan-contoh" target="_blank">pengertian, struktur dan rujukan teks deskripsi pada artikel sebelumnya kita sanggup menarik kesimpulan bahwa teks deskripsi berasal dari bahasa latin yakni 'Describe' yang artinya menggambarkan dan intinya teks deskripsi yaitu teks yang memang mengatakan citra atau melukiskan sesuatu dari sesuatu obyek. tentunya terdapat banyak sekali rujukan teks deskripsi yang sanggup anda pilih.

Paragraf deskripsi umumnya sanggup kita temukan dalam sebuah karya sastra menyerupai novel, cerita, hingga majalah. Di dalam sebuah paragraf deskripsi berisi kalimat-kalimat yang bersifat mengatakan citra kepada pembaca. Tujuan utama dari pragraf deskripsi ini yaitu untuk mengatakan gosip perihal suatu kejadin, fenomena, maupun kejadian yang dikemas dalam bahasa yang menarik.
 Contoh Teks dan Paragraf Deskripsi Singkat 4 Contoh Teks dan Paragraf Deskripsi Singkat
Selain dipakai untuk menggambarkan kejadian, paragraf deskripsi juga sanggup dipakai untuk menggambarkan suatu hal atau benda menyerupai meja, kursi, cangkir, dan pohon.

Contoh Teks dan Paragraf Deskripsi Singkat

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, teks deskripsi yaitu teks yang tersusun dari sekumpulan paragraf yang mengatakan ilustrasi atau gabaran suatu obyek. sanggup disimpulkan bahwa teks deskripsi memeberikan citra kepada pembaca perihal obyek yang sedang dibahas seolah pembaca mengalami dan merasakannya secara langsung.

Artikel Terkait : pengertian-dan-contoh" target="_blank">Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia Lengkap Dengan Pembahasan

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan

Paragraf deskripsi perihal kelinci
Kelinci yaitu binatang yang umum dijumpai di peternakan, masyarakat indonesia sendiri telah mengenal kelinci semenjak era 18. Pada tahun 1972 ditemukanlah kelinci lucu yang pertama di indonesia tepatnya di pulau sumatra.

Kelinci tergolong kedalam kelas mamalia yang artinya mempunyai darah panas yang mana berkembang.biak dengan cara beranak atau melahirkan. dalam sekali berkembang biak kelinci sanggup menghasilkan 4 ekor anak sekaligus. keistimewaan dari kelinci yaitu gigi mereka kan terus tumbuh selama mera masih hidup

Sebenarnya kelinci sanggup ditemukan di banyak sekali belahan dunia menyerupai di benua eropa dan afrika, Hewan lucu nan menggemaskan ini mempunyai habitat dan tempat tinggal di hutan hujan dan sabana. namun pada era ini kelinci juga sudah mulai dibudidayakan untuk diambil manfaatnya.

Secara umum kelinci sanggup dibagi menjadi dua jenis yakni. Kelinci liar dan kelinci hias atau peiharaan. Sedangkan berdasarkan rasnya kelinci sanggup dibagi menjadi banyak sekali jenis menyerupai anggora, marmut, australian dan lain sebagainya.
Baca Juga : pengertian-dan-contoh" target="_blank">Pengertian Dan Contoh Teks Deskripsi Lengkap
Sekarang ini banyak yang berternak kelinci untuk diabil dagingnya, teksturnya yang lembut dan juga gurih menjdaikan daging kelinci sangat lezat untuk dimasak sebagai sate. Kelinci-kelinci pedaging kini juga sudah beredar luas di pasaran mulai dari pasar lokal hingga internasional.

Di Indonesia sendiri banyak ditemukan kelinci lokal menyerupai kelinci sumatera dan kelinci jawa. Kelinci jawa banyak ditemukan di hutan-hutan disekitar jawa barat dan jawa tengah dengan ciri-ciri bulu coklat kehitaman. Sedangkan kelinci sumatera sanggup ditemukan dengan ciri-ciri bulu coklat kekuningan.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Keindahan Alam

Paragraf deskripsi perihal keindahan sawah
Desa sumber rejo, sukoharjo jawatengah mempunyai pemandangan sawah nan indah. Berhadapan dengan gunung yang berwarna hijau, mengakibatkan pemandangan disini semakin sempurna. Disini kita sanggup melihat banyak sekali kegiatan pertanian yang bahkan mugkin belum pernah kita lihat sebelumnya. kita sanggup melihat para petani yang sedang memulai proses tanam padi hingga proses panen.

Setelah mencangkul sawah yang luas, akibatnya salah satu petani pun memutuskan untuk beristirahat alasannya memang suasana disini sudah beranjang siang dan panasnya terik matahari sanggup kita rasakan melalui kulit kita.

Setelah beristirahat sejenak petanipun kembali berativitas melanjutkan mencangkul sawah dengan penuh semangat. tak usang kemudian datanglah seorang wanita yang mengantarkan makanan, ternyata itu yaitu istri dari petani tersebut.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Keindahan Pegunungan

Paragraf deskripsi perihal keindahan gunung
Gunungg Bromo adalahh sebuah gunung indahh yang terletak di Jawa timurr, termasuk ke dalam Taman Nasional Bromo tenggerr Semeru. Kawasan gunung ini mempunyai sebuah keunikan tersendirii dimana di ketinggiann 2392 meter di atass permukaan laut, akann  terdapat bentangann pasir yangg sangat luass sekitar 5.250 hektarr. Disini parann pengunjungg sanggup menikmatii pemandangan dengann cara menaiki kudaa. Hal lain yangg tidakk sanggup di lewatkann yaitu menikmati sunrisee di Gunung Bromo, darii puncak Gunung Penanjakann yang berada di ketinggiann 2.770 meter di atas permukaan laut.
Baca Juga : pengertian-dan-contoh" target="_blank">Pengertian, Jenis, Struktur, Dan Contoh Teks Eksposisi
Pemandangan alamnyaa ketika sunsrise sangatt menakjubkan, mataharii yang perlahan mulaii naik di iringi latar gunungg semeru yang gagahh mengeluarkan asap dari kejauhann akan memaparkan pemandangann indah yang sulit untukk di lukiskan sehingga padaa ketika menyerupai itu sangatt di sayang kan jiika tidakk di abadikan dengann momen berharga berupa memotrett.

Gunung Bromo iini dihuni olehh masyarakat orisinil suku Tengger. Masyarakatt orisinil Tengger ini meyakinii bahwa Gunung Bromo adalahh sebuah gunung tempat dimanaa seorang pangeran mengorbankann hidup demi sebuah keluarganyaa. Masyarakat pun rutinn melaksanakan pameran Yadnyaa Kasada atau Kasodoo. Maka waktuu yang tepat untukk berkunjung ke Gunungg Bromo yaitu ketika bulann Kasada atau biasanyaa di bulan Septermber hingga dengan November.

Di bulan Kasada inii akan sanggup di saksikann pameran Kasadaa yakni sebuah upacaraa tahunan suku orisinil Tenggerr yang tiba kee Bromo untuk melemparkann sajen yang berupa Sayurann, ayam, uangg ke dalam kawahh gunung berapi sebagaii wujud rasa bersyukur daan di persembahkan kepadaa Dewa. Tiap prosesii dari Upacara ini sangatt menarik wisatawan sehingga saatt upacara kasada Bromoo semakin banyakk di kunjungii oleh pendatang.

Menurut kisahh Gunung Bromo ini berasal darii kata Brahma yaknkii salah seorangg Dewa agama Hindu. Sebagaii sebuah gunungg yang besar dan indahh, Bromo masih termasukk ke dalam golongan gunungg api yang masih aktiff, walaupun Gunung Bromoo tidak sebesar gunung apii lainnya yang adaa di Indonesia tetapii pemandangan alamm dan suasaan gunungnyaa menciptakan gunungg ini sangat pantass untuk di sambangi.  Sehinggaa para wisatawan tidakk jera untuk berkunjung.

Untuk hingga ke Gunung Bromoo, maka pengunjung bisaa menempuh perjalanan terlebihh dahulu ke Kota malangg. Karena kota malang merupakann sebuah kota yang cukupp besar maka untuk menujuu kota ini sanggup di tempuhh dengan banyak sekali ragam alat transfortasi. Dari mulai kendaraan pribadii, Bus, keretaa maupun melaluii pesawat. kendaraan Jip atau land rover 4×4 adalahh kendaraan umumm yang di gunakan di daerah gunung Bromo. Memang harganyan tidak mengecewakan mahal tetapii semua akan terasa lebihh ringan bila dii tempouh dengan rombongann.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Keindahan Pantai

Paragraf deskripsi perihal pantai
Lampung merupakann satu Propinsi dii Indonesia yangg letaknya dibagiann paling timurr Pulau Sumateraa tepatnya berbatasann eksklusif dengan Selatt Sunda yang menghubungkann antara Pulau Sumateraa dan Pulau Jawaa. Lampung mempunyai potensii wisata pantai yang sangat baguss. Sangat banyak sekalii pantai yang ada di Propinsii Lampung dan semuanyaa merupakan pantaii wisata eksotis nann indah sehinggaa masuk akal saja bilaa para wisatawann banyak yang mengunjungii Lampung hanya untukk melihat keindahann pantainya. Saat ini jugaa promosi yang dilakukann Pemerintah dan masyarakat untukk menarik wisatawan asingg maupun lokal sudahh mulai membuahkan hasill alasannya setiap tahunnyaa jumlah wisatawann yang hadir semakinn meningkat.
Baca Juga : pengertian-dan-contoh" target="_blank">6 Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru
Lampungg mempunyai banyak sekali jeniss pantai dari yang sekedarr untuk berlibur santaii bersama keluargaa hingga pantai yangg mempunyai ombak besarr untuk olahragaa ekstrim menyerupai surfingg, diving dan snorklingg untuk melihatt keindahan bawah lautnyaa. Pantai yang hanya untukk berlibur dan bersantaii bersama keluargaa sangat banyak sekalii menyerupai Pantai Kalianda Resortt, Pantai Pasir Putingg, Pantai Pasir Timbull, Pantai Mutunn dan masih banyak lagi. Disanaa pengunjung dapatt mencicipi suasanaa pantai yang tenangg dengan ditemani deburann ombak dan sepoi-sepoii angin pantai. Anak-anakk pun dapatt bermain air dii pinggir pantaii alasannya pantaii tak terlalu berbahayaa alasannya ombaknyaa tak terlalu besarr.

Di Lampungg juga terdapat wisata pantaii untuk olahraga ekstrimm menyerupai surfingg yang tepatnya beradaa di daerah Kruii, Lampung Barat. Disanaa terdapat banyakk pantai yang menawarkann ombak yang menantangg diantaranya yang palingg populer adalahh Pantai Tanjung Setiaa dan Pantai Labuhann Jukung. Kedua pantaii tersebut merupakann pantai yang paling banyakk dikunjungi wisatawann absurd dari berbagaii belahan duniaa. Bahkan banyakk wisatawan absurd yangg menyatakan bahwa Pantaii Krui mempunyai ombakk yang lebih baik darii Pantai Kuta, Bali. Pantaii krui juga belum terlaluu kotor kerena memangg belum banyakk orang yang berkunjungg kesana. Selainn itu disana pengunjungg sanggup menyaksikan sunsett dan sunrise dengan sangatt jelas.

Itulah 4 Contoh paragraf deksripsi Singkat yang sanggup anda simak sebagai materi pembelajaran. termakasih ingat untuk selalu mengikuti Materi4belajar untuk mendapat infomasi materi pelajaran terbaru.
Sumber http://materi4belajar.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar