Rabu, 01 April 2009

Pengertian, Jenis, Dan Pola Kata Hubung (Konjungsi)

Pengertian, Jenis, Dan Contoh Kata Hubung (Konjungsi) - Kata penghubung (kata hubung) atau dalam istilah bahasa indonesia disebut sebagai kata konjungsi yakni sekumpulan kata yang berfungsi sebagai penghubung atau menghubungkan susunan kata dengan kata lain di dalam sebuah kalimat. Kata penghubung atau konjungsi memili jenis dan penggunaan yang berbeda-beda dalam setiap kalimatnya yang tergantung pada konteks bacaan kalimat tersebut. Kata penghubung sendiri dalam bahasa indonesia mempunyai tugas penting dalam penyampaiannya, Oleh lantaran itu kata penghubung juga dijadikan sebagai materi pembelajaran pada jenjang sekolah baik Sekolah Menengah Pertama maupun SMA.

Para andal setuju bahwa pengertian kata hubung atau kata penghubung yakni sekelompok kata yang berfungsi untuk menghubungkan deret kata dengan kata, kalimat dengan kalimat didalam sebuah paragraf semoga terdengar selaras dan mempunyai kesinambungan antar kalimatnya. Contoh kata penghubung sendiri bervariasi dan tergatung pada konteks kalimat dan tuujuan penggunaanya.

Pada dasarnya penggunaan dan referensi kata hubung sanggup kita temukan dalam kehidupan kita asehari-hari. Tanpa sadar kata hubung muncul dalam setiap kalimat yang kita keluarkan. Ketika kita berbincang-bincang dengan sobat dan ingin menyingkat kalimat yang kita katakan sanggup dipastikan kita akan memakai kata hubung.

Artikel kali ini akan membahas wacana kata penghubung atau kata konjungsi secara mendalam lengkap yang meliputi wacana pengertian kata penghubung, jenis dan referensi kata penghubung tersebut. Untuk lebih jelasnya simaklah pembahasan kata penghubung dibawah ini.

pengertian-kata-penghubung-dan-contoh" target="_blank">Pengertian Kata Hubung, Jenis, Dan Contoh Kata Hubung
 atau dalam istilah <a href=bahasa indonesia disebut sebagai kata konjungsi yakni sekumpulan kata Pengertian, Jenis, Dan Contoh Kata Hubung (konjungsi)" border="0" height="132" src="https://3.bp.blogspot.com/-L8Hp65fI-iM/WEA_5GOchSI/AAAAAAAAAQI/HAjfz6l7P5kJHO6nBERdLiz4TctfB9NZgCLcB/s320/conjunction_1a.gif" title="Pengertian, Jenis, Dan Contoh Kata Hubung (konjungsi)" width="320" />

Materi kata konjungsi kali ini akan dibagi menjadi 3 sesi yakni pengertian penghubung, dilanjutkan dengan jenis kata penghubung lengkap dengan cara penggunaannya dan yang terakhir yakni referensi kata penghubung.

Pengertian Kata Hubung (Penghubung)
Kata penghubung yakni kata yang berfungsi sebagai penghubung atau untuk menghubungkan kata dengan kata, klausa dengan klausa, bahkan kata penghubung juga sanggup menghubungkan kalimat dengan kalimat. Kata penghubung dipakai semoga kalimat yang dihasilkan sanggup mempunyai unsur coherence secara kebahasaan. Coherence sendiri yakni istilah yang dipakai untuk menilai suatu kalimat yang lezat didenganrkan dari segi bahasa.

Jenis-jenis Kata Penghubung
Kata penghubung biasanya sanggup dengan gampang kita temukan pada sebuah kalimat. Kata penghubung sendiri dibagi menjadi beberap jenis salah satunya yakni konjungsi koordinatif. Pada artikel kali ini kita akan berfokus pada kata penghubung kordinatif.
  1. Dan: Kata hubung yang membuktikan hubungan penambahan antar dua buah kaliamat.
  2. Serta: Kata hubung yang dipakai sebagai pendamping kalimat.
  3. tetapi: Kata penghubung yang menunjukan inforasi yang kontra. 
  4. sesudah: Kata penghubung yang dipakai untuk membuktikan urutan peristiwa.
  5. jika: Kata penghubung untuk membuktikan sebab-sebab.
  6. agar: Kata penghubung yang dipakai untuk menghubungkan akibat.
  7. supaya: Kata penghubung yang gunanya hampir sama dengan kata agar.
  8. ketika: Kata penghubung yang dipakai untuk menghubungkan insiden diwaktu yang sama.
Sebenarnya masih banyak lagi kata penghubung dengan fungsi dan klarifikasi yang berbeda-beda yang akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

pengertian-kata-penghubung-dan-contoh" target="_blank">Contoh Kata Penghubung
Contoh kata hubung dan
  • Ayah pergi ke kantor.
  • Adik pergi ke sekolah.
  • Ayah pergi ke kantor dan adik pergi ke sekolah
Pagi ini yakni pagi yang sangat dingin. Kami sekeluarga melaksanakan rutinitas kami sehari-hari, ibu memasak makanan, ayah menyiapkan pekerjaan kantornya dan aku mengurus adik-adikku. Ketika sudah menginjak pukul 07.30 aah berangkat ke kantor dan adikku berangkat ke sekolahnya dengan ditemani ibu.

Contoh kata hubung atau
  • Kamu suka coklat.
  • Kamu suka vanilla.
  • Kamu suka susu rasa coklat atau susu rasa vanila?
Pada ketika berada dikantin sekolah saya ditanya temanku. kau sebenrnya suka minum susu coklat atau susu vanilla?

Nah itulah beberapa penggunaan kata penghubung lengkap beserta dengan pengertian dan misalnya yang sanggup anda pelajari. Pada dasarnya penggunaan kata hubung sebagai penghubung antar kalimat sanggup kita temukan dalam kehidupan sehari-hari kita. Sebagai referensi ketika kita ingin menyingkat kata atau kalimat secara tidak sadar kita telah memakai kata hubung ibarat atau, dan, & dsb. Terimakasih
Sumber http://materi4belajar.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar