Jumat, 03 April 2009

Contoh Frasa Nominal Dan Ekspresi (Contoh Frasa Dan Pengertian)

Contoh Frasa Nominal Dan Verbal (Contoh Frasa Dan Pengertian) - Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya pada artikel pengertian-frasa-ciri-jenis-dan-contoh" target="_blank">Pengertian, Jenis, Dan Contoh Frasa sebelumnya, Frasa merupakan satuan gramatikal berupa adonan beberapa kata dan bersifat non prediktif, Setelah sebelumnya kita membahas perihal pengertian frasa maka sekaarang kita akan beralih menuju contoh-contoh frasa. Langsung saja kita bahas pola frasa nominal, pola frasa verbal, dan pola frasa endosentris di bawah ini semoga kita sanggup lebih mendalami perihal frasa.

Contoh Frasa Nominal Dan Verbal Lengkap

Sebenarnya sudah banyak situs yang telah memperlihatkan informasi perihal frasa lengkap beserta dengan contohnya. namun materi4belajar kali ini juga akan ikut memperlihatkan pola frasa baik frasa nominal, frasa verbal, dan frasa endosentrik semoga kita semakin paham.

Artikel Terkait : pengertian-frasa-ciri-jenis-dan-contoh" target="_blank">Pengertian, Jenis Dan Contoh Frasa

Contoh Frasa Nominal

 Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya pada artikel  Contoh Frasa Nominal Dan Verbal (Contoh Frasa Dan Pengertian)
Frasa nominal ialah frasa yang mempunyai distribusi sama besarnya dengan memperluas kata benda senta frasa induk merupakan frasa nominal. Secara umum frasa nominal sanggup dibedakan menjadi beberapa jenis yakni :
  1. Frasa Nomina Modifikatif (contoh) : sepatu mungil, hari selasa, salak tiga biji, bulan kedua, dan lain sebagainya.
  2. Frasa Nomina Koordinatif (Contoh) : hak dan kewajiban, sayur mayur, sandang pangan, lahir dan bathin.
  3. Frasa Nomina Apositif (contoh) : Tangerang, Kota Seribu Sungai, Memiliki keindahan alam yang populer.

Semua frasa ia atas termasuk ke dalam frasa nomina alasannya yaitu mempunyai induk frasa yang sama.
Baca Juga : pengertian-frasa-ciri-jenis-dan-contoh" target="_blank">Jenis-jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Frasa Verbal

Verbal atau Verb dalam bahasa inggris mempunyai arti yakni kata kerja jadi sanggup disimpulkan bahwa Frasa Verbal yaitu kelompok kata yang disusun dari kumpulan kata kerja. Secara umum frasa lisan dapa dibagi menjadi tiga jenis yakni :

  1. Frasa Verbal Modifikatif (contoh) : Aku yakin mendapat makanan itu, Mereka niscaya menciptakan makanan yang lebih lezat besok.
  2. Frasa Verbal Koordinatif (contoh) : Orang itu menghancurkan dan merusak perabotan rumah, Dia pergi ke toko bunga atau tanaman.
  3. Frasa Verbal Apositif (contoh) : Johor rumahku dulu, kini sudah menjadi tambang kapur.
Sekian tentang Contoh Frasa Nominal Dan Verbal kali ini. Sebenarnya masih terdapat aneka macam jenis frasa beserta dengan contoh-contohnya menyerupai frasa eksosentrik, frasa endosentrik dan lain sebagainya yang akan kita bahas pada artikel selanjutnya. Terimakasih.

Sumber http://materi4belajar.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar