Selasa, 07 April 2009

Teks Berita, Pengertian, Struktur Teks, Contoh, Dan Ciri-Cirinya

Teks Berita, Pengertian, Struktur Teks, Contoh, Dan Ciri-Cirinya - Teks isu ialah teks yang didalamnya mengandung sebuah informasi perihal suatu peristiwa, kejadian, fenomena alam dan lain sebagainya dan bersifat publikatif atau mempunyai tujuan untuk memperlihatkan informasi isu kepada pendengar dan pembacanya. Dalam dunia pendidikan, teks isu sendiri mengambil tugas penting alasannya ialah dijadikan materi asuh pada kelas XI dan XII yang mengacu pada kurikulum 2013.

Menurut para hebat pengertian teks isu ialah sekumpulan teks yang apabila dibaca akan memperlihatkan sebuah informasi spesifik perihal satu peristiwa, fenomena, dan kejadian yang berlangsung dalam kehidupan. Struktur teks isu intinya sangat kompleks namun satu hal yang perlu kita ingat ialah teks isu harus mempunyai kaidah kebahasaan dan sanggup dipertanggungjawabkan keabsahannya.

Selain mengandung kaidah kebahasaan, teks isu juga harus mengandung unsur pertanyaan 5W dan 1H, yakni: why, who, what, which, where dan how yang berfungsi biar isu yang disampaikan mempunyai informasi yang terang dan tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Dalam kehidupan sehari-hari pengertian teks isu dan pola teks isu sudah banyak beredar di banyak sekali media elektronik dan cetak ibarat televisi, radio, koran dan lain sebagainya. Jika dikaji lebih dalam lagi teks isu mempunyai ciri-ciri yang sangat mencolok yakni sanggup menimbulkan kontroversi dan memakai bahasa yang terkesan formal.

 Teks isu ialah teks yang didalamnya mengandung sebuah informasi perihal suatu peristi Teks Berita, Pengertian, Struktur Teks, Contoh, Dan Ciri-Cirinya

Pengertian Struktur, Ciri, Dan Contoh Teks Berita

Untuk sanggup membedakan teks isu dengan teks-teks yang lain maka kita harus sanggup mengidentifikasi pengertian, struktur dan ciri-cirin teks isu itu terlebih dahulu. maka dari itu simaklah informasi dibawah ini :

Pengertian Teks Berita

Teks isu merupakan suatu teks yang berisikan informasi mengenai suatu hal atau kejadian  yang terjadi dan masih hangat diperbincangkan oleh banyak orang.Teks isu biasanya disiarkan melalui media elektronik atau media cetak ibarat koran dan majalah.Dengan membaca teks isu kita sanggup memperoleh informasi mengenai suatu hal yang sanggup menambah wawasan kita sehingga sanggup berfikir secara kreatif, efektif dan kritis terhadap suatu masalah.

Struktur Teks Berita

Teks isu terdiri 3 (tiga) struktur yang saling berkaitan membentuk suatu teks menjadi sebuah kesatuan teks yang utuh.Struktur Teks isu sendiri terdiri dari Orientasi, Peristiwa, dan Sumber berita.Untuk mengetahuinya lebih dalam mengenai struktur tersebut berikut di bawah ini terdapat penjelasannya mengenai setiap struktur tersebut.
  • Orientasi Berita, berisikikan perihal awal atau pembukaan dari suatu kejadian atau kejadian yang akan diberitakan.Pada bab ini biasanya berisi perihal klarifikasi secara singkat mengenai informasi yang akan diberitakan tersebut.
  • Peristiwa, berisikan perihal inti pokok dari permasalahan yang dibahas di dalam berita.Pada bab ini akan dijelaskan perihal jalannya kejadian dari awal hingga simpulan berdasarkan fakta asli.
  • Sumber Berita,Berisi mengenai asal didapatnya informasi yang diberitakan .Bagian ini biasa terletak di simpulan isu namun tidak jarang peletakannya terdapat di dalam isu itu sendiri.
Baca Juga : bahasa-indonesia" target="_blank">Jenis Teks dalam Bahasa Indonesia
Ciri - ciri Teks Berita

Sama ibarat teks-teks lainnya, teks isu juga mempunyai ciri-ciri khusus untuk membantu kita membedakannya dengan teks lain. Ciri-ciri dari teks isu ialah sebagai berikut :
  • Adanya Keterangan
  • Terdapat Verba transitif
  •  Terdapat Verba pawarta
Contoh Teks Berita

Berikut ialah pola teks isu singkat yang sanggup kita simak

Intelijen Jerman Jalin Kerjasama dengan Dinas Rahasia Suriah

Berlin - Walaupun pemerintah Jerman melarang rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad, tubuh intelijen kembali melaksanakan sebuah kolaborasi dengan dinas diam-diam Assad. Kerja sama tersebut bertujuan untuk saling bertukar informasi soal pergerakan militan.

Berdasar sumber yang memahami isu tersebut ibarat yang dilaporkan surat kabar terkemuka Jerman, Bild dan dilansir  oleh Reuters, Jumat (18/12/2015), tubuh intelijen abnormal Jerman atau BND pergi eksklusif menuju ibukota Damaskus guna berkonsultasi dengan kawan kerjanya dari intelijen Suriah.
Baca Juga : bahasa-indonesia" target="_blank">Contoh Teks Berita Singkat Terbaru
 Disebutkan juga bila dua pekan lalu, DPR Jerman sudah menyepakati rencana pendukungan operasi militer koalisi Amerika Serikat untuk melawan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Suriah. Jerman setuju untuk mengirimkan beberapa jumlah armada pendukung menuju akrab Suriah.

Jerman akan mengirimkan sejumlah jet pengintai berjenis Tornado, kemudian satu buah kapal perang berjenis frigate guna membantu melindungi kapal induk milik Prancis, Charles de Gaulle, dan juga pesawat untuk pengisi materi bakar juga sekitar 1.200 personel militer.

Para media di Jerman menamai misi tersebut sebagai 'perang pertama' Kanselir Angela Merkel serta menyoroti resiko jatuhnya pilot dari Jerman di wilayah yang telah dikuasai anggota ISIS di sana.

Diberitakan Bild, BND memperbarui kontrak kolaborasi dengan intelijen Suriah guna saling bertukar informasi terkait militan, terutama mengenai ISIS. Kontrak tersebut juga bertujuan menciptakan  jalur komunikasi dengan rezim Suriah, bila terjadi kejadian di mana pilot jet tempur Tornado yang milik Jerman jatuh di wilayah Suriah pada ketika menjalankan misi. Pihak BND tidak mau mengomentari laporan Bild ini.

Masih berdasarkan laporan Bild, BND menginginkan untuk membuka markasnya sendiri di Damaskus segera mungkin serta mengerahkan agen-agen miliknya secara permanen di sana. Semua pergerakan BND tersebut masih dalam tahap permulaan yang berdasarkan Bild, diketahui oleh pemerintah Jerman.

(Sumber : detik.com)

Semoga bermanfaat posting saya kali ini tentang Teks Berita,  Pengertian, Struktur Teks,  Contoh, Dan Ciri-Cirinya.Sekian


Sumber http://materi4belajar.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar