Senin, 06 April 2009

Pengertian Dan Teladan Teks Deskripsi Beserta Ciri-Cirinya

Pengertian Teks Deskripsi dan Contoh Teks Deskripsi Beserta Ciri-Cirinya – Teks deskripsi merupakan sebuah teks paragraf yang berisikan klarifikasi atau citra dari suatu objek, tempat, dan sebagainya sesuai dengan topik yang disajikan kepada pembaca biar pembaca sanggup mengetahui topik yang dijelaskan atau digambarkan pada teks tersebut secara terperinci serta jelas. dari pernyataan diatas sanggup ditarik kesimpulan bahwa pengertian teks deskripsi ialah teks yang berbentuk paragraf yang mendeskripsikan atau menjelaskan wacana suatu objek, tempat, orang dan lain sebagainya.

Berdasarkan pengertian teks deskripsi diatas kita sanggup menyimpulkan bahwa teks deskripsi dipakai untuk menunjukkan citra terperinci wacana suatu hal, insiden atau peristiwa. Tidak hanya itu teks deskripsi juga sanggup dipakai untuk menunjukkan citra info wacana seseorang, menyerupai teladan teks deskripsi wacana artis, presiden, ayah, ibu, dan sebagainya.

Contoh teks deskripsi intinya sudah banyak beredar baik secara online maupun dalam bentuk cetak atau tertulis. Dalam kehidupan sehari-hari teladan teks deskripsi sanggup dengan gampang kita temukan dalam bentuk majalah maupun surat kabar lainnya.

Sama menyerupai teks lain pada umumnya. Disamping pengertian dan contoh, teks deskripsi juga mempunyai ciri-ciri khusus untuk membedakannya dengan jenis teks lainnya. Pada artikel kali ini kita akan membahas wacana pengertian teks deskripsi dan teladan teks deskripsi beserta ciri-cirinya.


Pengertian Teks Deskripsi dan Contoh Teks Deskripsi Beserta Ciri Pengertian dan Contoh Teks Deskripsi Beserta Ciri-Cirinya

Pengertian Teks Deskripsi dan Contoh Teks Deskripsi Beserta Ciri-Cirinya

Untuk sanggup memahami apa itu teks deskripsi tentunya terlebih dahulu kita harus memahami pengertian teks deskripsi. Langsung saja kita simak artikel mengenai pengertian dan teladan teks deskripsi dibawah ini

Pengertian Teks Deskripsi

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, teks deskripsi merupakan sebuah teks berbentuk paragraf yang didalamnya berisikan klarifikasi dari suatu objek, tempat, dan lain sebagainya sesuai dengan topik bahasan dengan bahasa yang singkat terperinci dan gampang dipahami. Teks deskripsi disajikan kepada pembaca dengan tujuan biar pembaca sanggup mengetahui topik yang dijelaskan atau digambarkan pada teks tersebut secara terperinci serta jelas.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Teks deskripsi mempunyai ciri  yang sanggup membantu kita dalam mengenali jenis dari sebuah teks merupakan teks dikripsi. Berikut di bawah ini terdapat beberapa ciri dari teks deskripsi :

  1. Berisikan penggambaran atau klarifikasi suatu objek 
  2. Penggambaran atau klarifikasi suatu objek yang menjadi topik di tuliskan secara detail, artinya klarifikasi atau penggambaran di dalam teks deskripsi akan menciptakan pembacanya mengerti secara terperinci dengan apa yang dijelaskan dalam teks tersebut.
  3.  Ketika pembaca membaca teks deskripsi, pembaca seperti merasakan, melihat, atau mengalami secara eksklusif  apa yang sedang dibicarakan pada teks tersebut.
  4. Teks deskripsi berisikan paragraf yang menjelaskan suatu objek berdasarkan warna, bentuk, ukuran, dan ciri-ciri fisik maupun psikis objek tersebut dengan sangat detail.
Struktur Teks Deskripsi

Teks deskripsi memliki 3 unsur sebagai struktur pembangunnya. Struktur-struktur tersebut sebagai berikut:
  1. Identifikas, pada potongan ini berisikan penentuan dari identitas seseorang, benda, atau objek lainya.
  2. Klasifikasi, ialah unsur penyusun yang bersisitem dalam kelompok berdasarkan suatu kaidah atau standart yang sebelumnya telah ditetapkan.
  3. Bagian Deskripsi, berisikan citra atau klarifikasi wacana suatu objek, atau topik yang ada dalam teks tersebut. 
Jenis-Jenis Teks Deskripsi
  1. Teks paragraf deskripsi subjektif  yaitu suatu paragraf  deskripsi yang dalam penggambaran objkenya berdasarkan atas kesan yang dimiliki oleh penulis teks tersebut.
  2. Teks paragraf spatial, dalam teks ini objek yang digambarkan hanya berupa benda, tempat, ruang dan sebagainya.
  3. Teks paragraf objektif, dalam teks ini penggambaran objek digambarkan apa adanya berdasarkan keadaan objek yang sebetulnya tanpa penambahan opini dari penulis itu sendiri.
Berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh teks deskripsi berdasarkan jenisnya:

Contoh Paragraf Deskripsi Subjektif

#Contoh 1

Nasi goreng yang dijual Pak Joko  sangat populer yummy di Salatiga, nasi goreng ini dimasak memakai tunggu yang berbahan bakar arang sehingga aromanya khas dengan aksesori daging ayam serta telur yang membuatnya terasa lebih sedap. Walau terbilang populer harga satu porsi nasi goreng buatan Pak Joko tidaklah mahal kita hanya perlu membayar Rp.10.000,00 untuk satu porsi nasi goreng lengkap dengan daging ayam.

#Contoh 2

Bu Jeni merupakan guru yang ditakuti muridnya, beliau mengajarkan muridnya untuk displin dalam belajar. Ia mempunyai postur badan yang kecil namun ketika ia murka ia akan menciptakan seperti orang yang di sekelilingnya menjadi lebih kecil dibandingkan dia. Suaranya yang keras ketika murka kolam bunyi gemuruh ketika hujan. Tetapi dibalik sifatnya yang galak ketika mengajar  ia bermaksud untuk mendidik siswanya biar menjadi pribadi yang displin dalam melaksanakan semua hal.

Artikel Terkait : 4 Contoh Teks Deskripsi Terbaru

#Contoh 3

Kafe pelita ialah kafe yang sangat nyaman bagi para pelanggannya, kafe ini dikelilingi oleh banyak flora serta pepohonan yang menciptakan  udara di sekitar kafe terasa segar dan sejuk. Kafe ini juga dilengkapi dengan fasilatas free wifi yang menjadikannya daerah asyik untuk nongkrong bagi kalangan muda –mudi. Ketika Ramadan datang kafe pelita akan semakin ramai alasannya menjadi salah satu tujuan pelanggan sebagai daerah untuk berbuka puasa bersama.

Contoh Paragraf Spatial

#Contoh 1

Salatiga merupakan sebuah kota kecil di provinsi Jawa Tengah yang terletak sempurna di bawah kaki Gunung Merbabu. Di kota ini masih terdapat banyak sekali bagunan peninggalan jaman penjajahan Belanda yang masih berdiri kokoh bahkan sebagian masih dipakai hingga kini sebagai bangunan sekolah ataupun kantor-kantor pegawai pemerintahan. Salah satu teladan bangunan peninggalan penjajahan Belanda yang masih berdiri kokoh yaitu kantor rumah dinas walikota yang terletak sempurna di tengah alun-alun kota Salatiga.

Artikel Terkait : Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia Lengkap Dengan Pembahasan

#Contoh 2

Hari ini saya bertemu dengan sahabat yang sudah usang kami tidak bertemu,ketika itu saya sedang berjalan di taman ketika saya melihat seorang  wanita yang mengenakan kacamata, ia sedang duduk di kursi taman sempurna di bawah sebuah pohon. Rambutnya panjang dan hitam yang terurai melambai-lambai  tertiup hembusan angin. Saat saya melewatinya wajahnya terasa tidak absurd bagiku dan ternyata tak usang kemudian perempuan itu memanggil namaku kemudian ia menyampaikan bahwa ia ialah Nita temanku sewaktu Sekolah Menengan Atas dulu.

#Contoh 3

Di rumah ini, rumah yang ukurannya tak lebih dari 9x8 meter ini dengan dinding yang terbuat dari papan serta masih berlantaikan tanah saya bersama adik-adikku hidup serba kekurangan bersama ibu dan ayahku hingga ketika ini saya telah menjadi seorang yang sukses sehingga saya sanggup membelikan rumah yang cukup layak untuk keluargaku. Rumah yang saya beli hasil jeri payahku berukuran 600m2, berwarna putih  di depan rumah terdapat taman yang ditumbuhi banyak flora hias serta bunga berwarna-warni sehingga suasana terasa nyaman. Di potongan dalamnya terdapat ruangan-ruangan salah satunya ruangan keluarga. Di ruangan keluarga terdapat sebuah tv ukuran 42 inc yang  disekitarnya terdapat kursi sofa tebal yang sanggup kami gunakan untuk berkumpul bersama keluarga.

Contoh Paragraf Objektif

Contoh 1

Bola Basket merupakan salah satu olahraga yang di mainkan oleh dua regu yang masing-masing regunya terdiri dari 5 orang. Dalam permainan ini setiap regu akan bermain di lapangan berukuran 28x15 meter serta  bersaing untuk mencetak angka dengan cara memasukan bola kedalam ring yang terletak di masing-masing ujung lapangan dangan ketinggian masing-masing ring 3,05 meter. Permainan bola basket terbagi menjadi 4 kuarter yang setiap kuarternya terdiri dari 10 menit permainan.
Baca Juga : Pengertian, Jenis dan Contoh frasa
#Contoh 2

Enting-enting gepuk merupakan buah tangan makanan khas dari Salatiga. Enting-enting gepuk terbuat dari adonan kacang, gula pasir, glukus, dan prambozen. Enting-enting gepuk sendiri pertama kali dibentuk oleh Khoe Tjong Hok asal Fukkian, China. Ia menciptakan enting-enting gepuk di klenteng Hok Tek Bio, Salatiga, Jawa Tengah.

#Contoh 3

Komodo merupakan salah satu satwa langka yang dilindungi di Indonesia. Hewan karnivora yang mempunyai nama latin Varanus komodoensis ini merupakan satwa yang hanya sanggup di temukan satu-satunya di Indonesia. Habitat komodo sendiri berada di pulau Komodo yang terletak di Nusa tenggara. Warga sekitar Pulau Komodo menyebut komodo sendiri dengan sebutan ora.

Itulah Pengertian dan Contoh Teks Deskripsi lengkap dengan pembahasan beserta ciri-ciri yang sanggup materi4belajar rangkum. terimakasih
Sumber http://materi4belajar.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar