Jumat, 03 April 2009

Pengertian Klausa, Ciri-Ciri, Dan Pola Klausa

Pengertian Klausa, Ciri-ciri, Dan Contoh Klausa - Tidak terlepas dari artikel sebelumnya wacana pengertian-frasa-ciri-jenis-dan-contoh" target="_blank">pengertian, ciri-ciri, dan teladan frasa. Kali ini materi4belajar akan membahas wacana pengertian klausa, ciri-ciri klausa, dan tentunya teladan klausa lengkap dengan pembahasannya.

Seperti yang kita ketahui, Klausa ialah satuan gramatikal yang terdapat dalam sebuah tata bahasa. baik itu bahasa indonesia maupun bahasa inggris. Klausa sendiri dalam bahasa inggris disebut dengan clause, dan mempunyai pengertian, ciri-ciri, dan teladan yang tidak berbeda dengan klausa bahasa indonesia.
Baca Juga : pengertian-frasa-ciri-jenis-dan-contoh" target="_blank">Pengertian Frasa, Ciri-ciri, Dan Contoh Frasa
Pengertian Klausa, Ciri-ciri, Struktur Dan Contoh Klausa

 Tidak terlepas dari artikel sebelumnya wacana  Pengertian Klausa, Ciri-ciri, Dan Contoh Klausa
Baikah eksklusif saja kita menuju pembahasan yakni pengertian klausa, ciri-ciri kalusa dan teladan klausa yang bertujuan semoga kita sanggup lebih memahami apa itu klausa lengkap dengan strukturnya.

Pengertian Klausa

Seperti yang saya terangkan di atas bahwa Klausa ialah sebuah satuan grammatikal yang terdapat dalam tata bahasa, Klausa mempunyai susunan kata melebihi frasa namun kurang lengkap untuk menjadi sebuah kalimat. Klausa mempunyai bentuk berupa kelompok kata yang setidaknya terdiri dari sebuah subjek dan sebuah predikat (S &P), Dan mempunyai potensi untuk menjadi suatu kalimat. Mengapa klausa mempunyai potensi untuk menjadi sebuah kalimat? alasannya ialah bahwasanya klausa tidak jauh berbeda dengan sebuah kalimat, Hanya saja klausa tidak mempunyai intonasi simpulan yang menjadi ciri khusus sebuah kalimat.

Dalam konstruksinya yang terdiri atas S dan P klausa sanggup disertai dengan O, Pel, dan Ket, ataupun tidak. Dalam hal ini, unsur inti klausa ialah S dan P. tetapi, dalam praktiknya unsur S sering dihilangkan. Misalnya dalam kalimat beragam (atau lebih tepatnya kalimat plural) dan dalam kalimat yang merupakan jawaban. (Ramlan 1987:89). Misalnya :

Struktur Klausa

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa klausa ialah kalimat yang tidak tepat yang disusun dan mempunyai setidaknya satu subjek dan satu predikat. Sebenarnya Klausa juga sanggup mempunyai Objek pemanis dan kata keterangan. Namun dalam penggunaanya penggunaan subjek dalam klausa sering tidak digunakan. misalkan dalam sebuah kalimat beragam (kalimat plural).

Ciri-Ciri Klausa

Sama ibarat frasa, tentunya klausa juga mempunyai ciri-ciri yang berfungsi untuk membantu kita mengidentfikasinya. ciri-ciri klausa ialah :

  1. Dalam sebuah klausa hanya terdapat satu predikat saja dan tidak lebih.
  2. Klausa sanggup menjelma sebuah kalimat bila diimbuhi intonasi akhir.
  3. Klausa merupakan bab dari sebuah kalimat bila kalimat itu ialah kalimat plural.
  4. Klausa bersifat meluas bila ditambahkan dengan atribut-atribut khusus yang belum terdapat pada klausa tersebut.

Jenis-Jenis Klausa

Berdasarkan jenisnya klausa sanggup dibagi menjadi 4 jenis yakni :

  1. Berdasarkan kelengkapan unsurnya : Klausa tidak lengkap dan klausa lengkap
  2. Berdasarkan sifat predikat : Klausa nyata dan klausa negatif
  3. Berdasarkan kategori predikat : Klausa ekspresi dan klausa non-verbal
  4. Berdasarkan kemapanannya : Klausa sanggup bangkit diatas kaki sendiri dan Klausa Tergabung

Contoh Klausa

Setelah kita memahami pengertian klausa, ciri-ciri klausa dan jenis klausa kini saatnya kita membaca dan menyimak teladan klausa dibawah ini :

  1. Kondisinya sudah membaik.
  2. Rumah itu sangat mewah.
  3. Mobil itu sangat baru.
  4. Sudah baik keadaanya.
  5. Sangat glamor rumah itu.
  6. lapar sekali hari ini.
  7. keadaan akan baik-baik saja.
  8. bekerja sambil berjalan-jalan.
  9. berlibur itu sangat menyenangkan.
  10. makan makanan mewah.

sekian artikel kali ini wacana pengertian klausa, ciri-ciri, dan teladan klausa. semoga dengan memahami klausa sanggup menambah ilmu dan wawasan kita. terimakasih.


Sumber http://materi4belajar.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar