Minggu, 05 April 2009

Pengertian Teks Eksposisi, Jenis, Struktur Dan Rujukan Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi, Jenis, Struktur dan Contoh Teks Eksposisi - Jika membicarakan wacana teks eksposisi tentunya sangat bersahabat kaitannya dengan pelajaran bahasa indonesia. Teks eksposisi yaitu salah satu jenis dari banyak sekali jenis-jenis teks dalam bahasa indonesia disamping teks narasi, teks deskripsi, teks mekanisme dan lain sebagainya. sama halnya teks-teks yang lain, teks eksposisi juga mempunyai ciri-ciri khusus, struktur kalimat, referensi dan lain sebagainya yang membedakan teks ini dengan teks yang lain. Pada dasarnya anda akan menemukan banyak sumber kalau mencari informasi wacana pengertian teks eksposisi dan referensi teks eksposisi di internet.

Dalam dunia pendidikan sendiri teks eksposis sering dijadikan soal dalam beberapa ujian sekolah dengan kata kunci pengertian teks eksposisi, jenis teks eksposisi, struktur teks eksposisi, dan tentunya referensi teks eksposisi itu sendiri. Dalam penggunaanya di dalam kehidupan sehari-hari teks eksposisi sering digunakan untuk memaparkan atau memperlihatkan klarifikasi wacana suatu insiden secara terperinci dari sudut pandang orang yang bercerita tersebut.

Namun apa pengertian teks eksposisi, ciri-ciri, struktur kalimat dan referensi teks eksposisi? Berikut yaitu ulasan lengkapnya.
 Jika membicarakan wacana teks eksposisi tentunya sangat bersahabat kaitannya dengan pelajaran  Pengertian Teks Eksposisi, Jenis, Struktur dan Contoh Teks Eksposisi

Bagi anda yang telah mempelajari teks eksposisi tentunya sudah pemahaman tatabahasa indonesia yang baik dan benar alasannya yaitu didalam merangkai atau mengarang teks eksposisi yang baik maka kita membutuhkan tatabahasa yang baik mulai dari pembendaharaan kata, teknik penyajian dan lain sebagainya, sehingga sanggup membuat penyajian informasi yang singkat, padat, terang dan akurat. Dalam artikel ini anda akan mempelajari lebih dalam wacana pengertian,struktur kalimat, jenis dan referensi teks eksposisi.

Artikel Terkait : bahasa-indonesia" target="_blank">Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia

Pengertian Teks Eksposisi, Jenis, Struktur dan Contoh Teks Eksposisi

Seperti pada judul di atas kali ini kita akan membahas wacana teks eksposisi. Materi kali ini akan dibagi menjadi 4 penggalan yakni: Pengertian terks eksposisi, Jenis teks eksposisi, Struktur teks eksposisi dan Contoh teks eksposisi itu sendiri. Untuk sanggup memahami apa itu teks eksposisi maka simaklah artikel dibawah ini.

Pengertian Teks Eksposisi
Pengertian teks eksposisi yaitu teks yang berisi paragraf atau karangan yang didalamnya terkandung sejumlah Pengetahuan dan informasi yang disajikan secara singkat, padat, akurat dan tentunya gampang untuk dipahami. Paragraf atau teks eksposisi bersifat real, nyata dan Ilmiah atau sanggup dikatakan sebagai teks non fiksi.
Baca Juga : bahasa-indonesia" target="_blank">3 Contoh Teks Eksposisi Lengkap Dengan Pembahasan
Tujuan Teks Eksposisi
Teks eksposisi mempunyai tujuan untuk memaparkan atau menjelaskan sejelas-jelasnya mengenai sejumlah informasi tertentu kepada para pembaca, sehingga dengan membaca teks eksposisi maka pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu hal atau kejadian.

Artikel Terkait : bahasa-indonesia" target="_blank">Teks Deskripsi (pengertian dan contoh)

Ciri-Ciri Teks Eksposisi
Sama ibarat teks pada umumnya, teks eksposisi mempunyai beberapa ciri-ciri umum teks eksposisi. Ciri-cici ini digunakan untuk membedakan dan menentukan apakah sebuah teks tergolong dalam teks eksposisi atau bukan. Ciri-ciri teks eksposisi yaitu sebagai berikut:
  • Menjelaskan informasi atau pengetahuan wacana suatu hal
  • Gaya informasi yang bersifat mengajak 
  • Penyampaian memakai bahasa baku dan disampaikan secara lugas 
  • Bersifat netral atau tidak memihak 
  • Fakta digunakan sebagai alat kontritasi dan alat kontribusi 
Struktur Teks Eksposisi
Struktur teks eksposisi umumnya terdiri dari 4 penggalan utama yakni pembukaan, isi, argumentasi, dan penegasan ulang. Adapun klarifikasi wacana susunan teks eksposisi yaitu sebagai berikut ini:
  • Pembukaan : Struktur teks eksposisi yang pertama merupakan pembukaan atau sering disebut dengan orientasi. Pada penggalan ini kita akan melihat pandangan awal yang ditulis oleh penulis wacana sebuah permasalahan dengan rangkaian yang sangat relevan.
  • Isi (Thesis) : Thesis merupakan isi dari teks eksposisi yang berisi wacana kumpulan pendapat orang lain yang dianggap lebih jago terkait permasalahan dan pokok bahasan yang tengah dibahas. Untuk mengidentifikasi struktur teks eksposisi yang satu ini sangat mudah, kita sanggup mengidentifikasi thesis dengan memperhatikan pemilihan katanya. ibarat referensi "berdasarkan penuturan" dan lain sebagainya.
  • Argumentasi : Argumentasi yaitu struktur teks eksposisi yang memuat wacana bukti bukti relevan yang mendukung thesis atau isi dari teks eksposisi ini. Umumnya argumentasi akan mengandung fakta fakta relevan yang berkaitan dengan pokok bahasan ibarat tanggal, latar, narasumber, dan penggunaan angka angka yang umumnya bersifat konkrit.
  • Penegasan ulang: Penegasan ulang memuat kesimpulan yang mencakup pembukaan, thesis hingga argumentasi yang disampaikan penulis yang tentunya disampaikan dengan bahasa yang berbeda dan lebih singkat.
Jenis-jenis Teks Eksposisi
Dalam pembahasannya teks eksposisi dibagi menjadi beberapa jenis. Setiap jenis teks eksposisi ini mempunyai pengertian dan penggunaan yang berbeda antara satu sama lain. Secara umum teks eksposisi sanggup diklasifikasikan menjadi beberapa jenis diantaranya :
  • Teks Eksposisi gambaran : Menggunakan penggambaran sederhana atau bentuk positif dari suatu ide. Mengilustrasikan sesuatu yang mempunyai kesamaan sifat. Menggunakan frasa penghubung.
  • Teks Eksposisi informasi : Memberikan informasi dari suatu kejadian, teks eksposisi ini sering dijumpai dalam informasi atau surat kabar.
  • Teks Eksposisi perbandingan : Menerangkan wangsit atau gagasan pada kalimat utama dengan metode perbandingan.
  • Teks Eksposisi proses : Berisi wacana panduan atau tata cara membuat sesuatu.
  • Teks Eksposisi definisi : Berisi wacana pengertian dari suatu obyek.
  • Teks Eksposisi pertentangan, berisi kontradiksi antara sesuatu obyek dengan obyek yang lain. biasa memakai frasa penghubung “akan tetapi, meskipun begitu, sebaliknya.”
  • Teks Eksposisi analisis : proses memisah-misahkan suatu problem dari suatu gagasan utama menjadi beberapa sub-bagian, Kemudian melaksanakan pengembangan secara berurutan.


Contoh teks eksposisi : Hindari Cagub Pelaku Korupsi

Tesis :
Setiap wilayah yang sedang melaksanakan pemilihan umun dalam menentukan calon gubernur, maka harus dilaksanakan secara tegas, ketat serta jujur. Calon gubernur yang baik harus mempunyai kriteria biar tidak melaksanakan penyimpangan kekuasaan serta menjauhkan wilayah tersebut terhadap problem yang cukup besar. Contohnya cagub tidak pernah terlibat dalam problem pelanggaran HAM maupun korupsi. Apabila salah satu cagub terlibat problem tersebut maka cagub dianggap gugur. Hal tersebut dilakukan biar sanggup menjadi calon gubernur yang mempunyai jiwa integritas serta tidak sanggup menimbulkan problem yang terkait. Setiap partai yang mecalonkan pilihannya sebagai cagub selalu mempunyai mekanisme tes kelayakan atau kecocokan. Namun setiap partai tidak mempunyai kriteria yang sama. Walaupun demikian terdapat prinsip umum dalam menyeleksi setiap cagub.

Argumentasi :
Terdapat bukti bahwa banyak dewan legislatif sentra maupun kawasan yang melaksanakan tindakan korupsi. Setiap parpol berlomba lomba mencari kriteria cagub yang baik dalam pemilihan umum alasannya yaitu bertujuan untuk mencari jumlah bunyi yang paling banyak. Hal tersebut dikemukakan oleh Wakil Sekretarian Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu atau KIPP yang berjulukan Jojo Rohi.

Penegasan Ulang :
Setiap partai tetapkan kriteria standar yang terang serta tegas mengenai siapa saja yang layak menjadi calon gubernur untuk memimpin daerahnya masing masing. Dalam tetapkan cagub terdapat kriteria utama yang harus dilakukan yaitu anti korupsi. Apabila salah satu cagub pernah terlibat problem korupsi maka calon gubernur tersebut dianggap gugur dan dilarang diikutkan kembali. Cagub tersebut juga harus memperhatikan kriteria bakal caleg yang baik serta moralitas yang baik pula. Untuk bakal cagub yang baik maka cagub tersebut tidak pernah melaksanakan poligami. Namun problem mengenai pelanggaran HAM masih belum sanggup diatasi. Maka dari itu bakal calon cagub yang baik dilarang terlibat dengan pelanggaran HAM.

Contoh teks eksposisi : Manfaat Tanaman Obat Sambiloto

Tesis :
Tanaman obat sambiloto suduh terkenal semenjak zaman nenek moyang terdahulu. Tanaman obat sambiloto ini mempunyai khasiat untuk menyembuhkan luka serta sanggup bermanfaat untuk kesehatan badan juga.

Argumetasi :
Dengan banyaknya khasiat yang terkandung dalam flora ini maka banyak sekali produk komersial yang sanggup dihasilkan. Namun tidak banyak pula orang yang mengetahuinya. Menurut beberapa peneliti banyak sekali khasiat yang terkandung dalam flora obat sambiloto ini. Manfaat flora sambiloto ini mencakup :

  • Tanaman obat sambiloto terdapat penggalan yang sanggup dimanfaatkan untuk penyembuhan luka. Hal tersebut dibuktikan dengan cepatnya penyebuhan luka tanggapan terbakar maupun cedera.
  • Tanaman obat sambiloto juga sanggup menyembuhkan penyakit panas alasannya yaitu mengandung antiperetika bahkan sanggup pula mengobati tekanan darah tinggi.
  • Jenis flora ini juga sanggup bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker ibarat jenis penyakit trofoblas maupun tumor paru.
  • Tanaman obat sambiloto juga sanggup mengbati beberapa penyakit ibarat diare, malaria, gatal gatal, sakit perut, disentri basiler, tifoid dan sebagainya.

Penegasan Ulang :
Berdasarkan penelitian tersebut sanggup disimpulkan bahwa flora obat sambiloto tidak hanya menyembuhkan luka tetapi sanggup bermanfaat untuk kesehatan badan manusia. Tidak ada pengaruh samping yang ditimbulkan tanggapan flora ini alasannya yaitu bersifat alami. Tanpa anda ketahui bahwa alam menyediakan kebutuhan obat yang diharapkan oleh tubuh.

Contoh teks eksposisi wacana Ekonomi

Tesis

Ekonomi Rakyat merupakan istilah untuk “kegiatann ekonomi rakyat banyak”. Jika dikaitkann dengan acara pertanian, makaa yg dimaksut dengan acara ekonomi rakyat tersebut ialah acara pertaniann, maka yang dimaksud dengann acara ekonomi rakyatt yaitu acara ekonomii petani atau peternakan atau nelayan kecill, petani gurem, nelayann tanpa perahu, petani tanpa tanah dan lain sebagainya; dan bukan peternak besar, MNC pertanian, perkebunann dan sejenisnya.

Argumentasi

Perspektiff lain dari ekonomi rakyat sendiri sanggup pula dilihat dengan memakai perspektif jargonn:”ekonomi darii rakyat, olehh rakyat, dan untukk rakyat”

“Dari rakyat”, mempunyai arti bahwa acara ekonomi berkaitan dengan penguasaan rakyatt dan aksesibilitass rakyat terhadapp sumber daya ekonomi itu sendiri. Rakyat menguasaii dan mempunyai hak atas sumberr daya untuk mendukungg acara produktiff dan konsumtifnya.
Baca Juga : bahasa-indonesia" target="_blank">Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru
“Oleh Rakyat”, yaitu proses produksii dan konsumsi dilakukann dan diputuskann oleh rakyat. Rakyat mempunyai hakk atas pengelolaann proses produktiff dan konsumtiff tersebut. Berkaitann dengann sumberdaya (produktiff dan konsumtif), rakyat mempunyaii alternatif untuk memilihh dan menentuukan sistemm pemanfaatan, ibarat berapa banyakk jumlah yang harus dimanfaatkann, siapa yang memanfaatkanya, bagaimana proses pemanfaatan, bagaimanaa menjaga kelestarian bagii proses pemanfaatan secara berkala, dan lain sebagainya. 

“Untuk rakyat”, artinya rakyatt banyak merupakan ‘beneficiaries' utama darii setiapp kegiatann produksi dan konsumsii. Rakyat menerimaa manfaat, dan indikator dari manfaat yang paling utama adalahh kepentingan rakyatt.

Penegasan Ulang

Dalam hal inii butuh pulaa dikemukakann bahwa ekonomi rakyat sanggup berkaitan dengan siapa saja, dalam artii bahwa acara transaksii sanggup dilakukan jugaa dengan “non ekonomi rakyat”. Juga takk ada pembatasan mengenai suatu besaran, jenis produkk, permodalan, sifat perjuangan dan lain sebagainya. Ekonomii rakyat tidak ekslusif tetapii inklusif dan bersifat terbuka. Kendati demikian, sifat fundamentall diatas telah pulaa membuat suatuu sistem ekonomi yangg terdiri dari pelakuu ekonomii, norma, janji dan mekanismee transaksi, yang umumnyaa telah memfasilitasii ekonomii rakyatt untuk sanggup bertahann hidup dan berkembangg sejalan dengan perkembangan sosial ekonomi masyarakatnnyaa.

Itulah bahan wacana Pengertian, Jenis, Struktur, Dan Contoh Teks Eksposisi yang sanggup kita pelajari. Perlu diingat bahwa teks eksposisi merupakan teks yang bersifat memaparkan suatu insiden secara terang sejelas-jelasnya. Contoh teks eksposisi sendiri terdapat banyak dan seringkali berada disekitar kita tanpa kita sadari.



Sumber http://materi4belajar.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar