Sabtu, 04 April 2009

Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri-Ciri, Struktur, Dan Rujukan Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri-ciri, Struktur, dan Contoh Teks Eksplanasi -  Teks eksplanasi ialah teks yang mengandung sebuah klarifikasi atau eksplanasi secara detil, rinci, dan lengkap dari suatu hal. Seperti halnya teks pada umumnya, didalam teks ekspalani terdapat banyak sekali aspek dan faktor-faktor menyerupai struktur, ciri-ciri dan contoh. Setelah membahas pola teks dan pengertian teks secara umum yang ada didalam bahasa indonesia, kali ini materi4belajar akan membahas lengkap ihwal teks eksplanasi yang meliputi pengertian teks eksplanasi, struktur, ciri-ciri, dan pola teks eksplanasi itu sendiri.

Dalam beberapa kasus teks eksplanasi kerap kali dijadikan sebagai bahan pembelajaran hingga soal dalam beberapa ujian sekolah dengan kata kunci sebagai berikut: pengertian teks eksplanasi, contoh teks eksplanasi, ciri-ciri teks eksplanasi, dan struktur teks eksplanasi. Berdasarkan kasus inilah admin memutuskan untuk membahas lebih dalam ihwal apa itu teks eksplanasi lengkap dengan pola teks eksplanasi itu sendiri.

Pada dasarnya pengertian teks eksplanasi sanggup kita temukan dalam buku pelajaran maupun Lomba Kompetensi Siswa yang telah disediakan oleh sekolah. Sedangkan pola teks eksplanasi sanggup anda temukan dalam media cetak menyerupai majalah, koran dan lain sebagainya.

Para jago setuju bahwa teks eksplanasi sejatinya berasal dari bahasa inggris yakni "explanation" yang mempunyai arti menjelaskan. Berdasarkan kamus besar bahasa indonesia pengertian teks eksplanasi ialah sebuah teks yang didalamnya berisikan proses proses yang bekerjasama dekat dengan fenomena alam, ilmu pengetahuan, sosial dan budaya. Teks eksplanasi sendiri disusun dan mempunyai kerangka yakni pembukaan, klarifikasi atau inti dari eksplanasi itu sendiri, dan penutup.

Berdasarkan hal diatas, dalam artikel ini kita akan lebih condong membahas serta mempelajari pengertian teks eksplanasi dan pola teks eksplanasi itu sendiri. Tidak hanya pengertian dan contoh, namun kita juga akan mempelajari ciri-ciri teks eksplanasi, dan juga struktur teks eksplanasi sebagai pelengkap informasi.

Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri-ciri, Struktur, Dan Contoh Teks Eksplanasi

Seperti yang klarifikasi sebelumnya, teks eksplanasi mempunyai pengertian sebagai teks yang bersifat memberi klarifikasi ihwal suatu fenomena atau kejadian-kejadian. Tersusun dari pembukaan, isi teks eksplanasi, dan epilog sama menyerupai kebanyakan teks pada umumnya. Namun untuk lebih jelasnya lagi simaklah kelanjutan artikel dibawah ini.

Pengertian Teks Eksplanasi
Teks ekspalanasi berasal dari kata “explain” yang artinya jelaskan, maka sanggup disimpulkan bahwa pengertian teks eksplanasi ialah teks yang didalamnya berisi klarifikasi atau proses-proses bagaimana dan mengapa dari sebuah topik yang berkaitan dengan suatu kejadian atau lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari-hari.
Teks eksplanasi ialah teks yang mengandung sebuah klarifikasi atau eksplanasi secara detil Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri-ciri, Struktur, dan Contoh Teks Eksplanasi

Tanpa kita sadari semua fenomena yang terjadi disekitar kita mempunyai relasi alasannya dan akhir dalam setiap prosesnya. Disamping mencicipi fenomena tersebut, kita juga harus menganalisa dan mencermati apa alasannya dan akhir yang terjadi.
Artikel Terkait : bahasa-indonesia" target="_blank">Jenis-jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia, Pengertian, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh
Maka dari itu untuk mengidentifikasi sebuah teks eksplanasi maka kita harus mengetahui pengertian teks eksplanasi itu sendiri secara jelas. Pada dasarnya pengertian teks eksplanasi sanggup kita temukan pada pembelajaran di tingkat Sekolah Menengan Atas mapun SMK.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi
Sama menyerupai teks pada umumnya, teks eksplanasi mempunyai ciri ciri khusus yang sanggup membantu kita mengidentifikasi apakah sebuah teks termasuk dalam teks eksplanasi ataupun tidak. Hal ini telah saya rangkum dalam ciri ciri teks eksplanasi. Teks sanggup dikatakan sebagai teks eksplanasi jikalau mempunyai kriteria dibawah ini:
  1. Informasi yang terkandung didalam teks bersifat fakta dan bukan merupakan rekayasa.
  2. Informasi yang disampaikan ialah informasi ilmiah atau real yang mengandung pengetahuan dan bukan merupakan karangan atau fiksi.
  3. Memiliki sifat yang informatif dan membujuk pembacanya.
  4. Diawali dengan pernyataan umum,  urutan alasannya dan akibat, dan terdapat interpretasi.
Struktur Teks Eksplanasi
Selain mempunyai ciri ciri kebahasaan, teks eksplanasi juga mempunyai struktur singkat yang terdiri atas klarifikasi umum, deretan penjelas, dan interpretasi. Ketiga struktur tersebut telah saya rangkum dalam struktur teks eksplanasi pada artikel ini. Teks eksplanasi dikatakan baik dan benar jikalau mempunyai struktur yang sesuai atau semestinya, berkut ialah struktur teks eksplanasi yang benar terdiri dari:
  1. Pernyataan Umum : ialah belahan pertama dari teks eksplanasi yang terdapat pada awal paragraf yang berisi tentantang penyampaian topik atau permasalahan yang dibahas. Pada belahan ini berisi citra mengapa dan bagaimana sebuah fenomena sanggup terjadi. Dalam menulis pernyataan umum harus menarik semoga pembaca tertarik untuk membacanya.
  2. Deretan Penjelas : Berisikan ihwal relasi alasannya dan akhir ihwal suatu fenomena yang akan disusun menurut urutan waktu.
  3. Interpretasi : Adalah belahan simpulan atau epilog teks eksplanasi yang terdapat pada simpulan paragraf dan berisi inti atau kesimpulan dari sebuah fenomena.
Contoh Teks Eksplanasi
Setelah kita mengerti apa itu pengertian teks eksplanasi, ciri-ciri atau struktur teks eksplanasi maka kini saatnya kita mempelajari pola teks eksplanasi menurut informasi di atas dan berikut pola teks eksplanasi singkat tersebut.
Artikel Terkait : bahasa-indonesia" target="_blank">Pengertian dan Contoh Teks Eksposisi

Proses terjadinya banjir

Banjir ialah fenomana alam yang kerap terjadi di Indonesia pada ketika ekspresi dominan penghujan menyerupai kini ini. Karena sifatnya yang merugikan maka banjir disebut sebagai bencanan alam. Banjir sanggup terjadi lantaran meluapnya air sungai, drainase, selokan yang disebabkan tidak sanggup menampung banyaknya air hujan.
Baca juga: bahasa-indonesia" target="_blank">6 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Terbaru
Kesadaran masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya merupakan dilema dan tantangan yang harus dihadapi lantaran 30% penyebab terjadinya banjir ialah pola hidup membuang sampah ke sungai yang dilakukan oleh sebagian orang, Disamping itu mulai menjamurnya masyarakat yang mendirikan rumah atau bangunan di bantaran sungai ikut menambah proses terjadinya banjir.

Secara umum terdapat dua faktor yang sanggup menimbulkan terjadinya banjir yakn faktor alam dan faktor sosial. Yang pertama ialah faktor alam menyerupai terjadinya hujan lebat terus menerus dan tanpa henti yang menimbulkan meluapnya aliran sungai hingga memenuhi wilayah daratan.
Baca Juga : bahasa-indonesia" target="_blank">4 Contoh Teks Deskripsi Terbaru
Faktor kedua yakni faktor sosial. Jika berbicara ihwal faktor sosial maka kita juga membicarakan pola hidup manusia. Manusia sering merusak alam dan tidak pernah perduli terhadap lingkungan mengakibatkan terjadinya banjir dengan membuang sampah sembarangan disungai dan mendirikan bangunan-bangunan yang tidak semestinya di sekitar bantaran sungai.

Tumpukan sampah, pendangkalan sungai dan kurangnya tempat resapan air hujan ikut memperburuk keadaan ketika ekspresi dominan penghujan tiba. dengan menumpuknya sampah akan menimbulkan aliran air tidak lancar yang nantinya air akan meluap ke pemukiman warga.

Berdasarkan pemaparan dari informasi diatas, kita sanggup menarik kesimpulan bahwasa peristiwa banjir tidak semata-mata lantaran faktor alam saja, tetapi masih ada faktor sosial yang mana manusialah yang menjadi pelakunya. Maka dari itu, kita harus pandai-pandai dalam berinstrospeksi keenapa banjir sanggup terjadi disekitar kita.

Itulah artikel tentang Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri-ciri, Struktur, dan Contoh Teks Eksplanasi yang sanggup saya sampaikan kali ini. Perlu kita ingat bahwa untuk mengidentifikasi apakah sebuah teks termasuk dalam eksplanasi atau tidak kita harus mengingat ciri ciri teks eksplanasi dan struktur teks eksplanasi di atas.
Sumber http://materi4belajar.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar