Jumat, 03 April 2009

6 Teladan Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya

pengertian-jenis" target="_blank">Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Eksposisi. Sebelum kita menginjak referensi teks eksposisi mari kita ingat wacana teks eksposisi secara umum, pengertian teks eksposisi, teks eksposisi ialah salah satu pengertian-jenis" target="_blank">teks dalam bahasa indonesia yang mempunyai tujuan untuk memaparkan suatu insiden menurut pengalaman kepada para pembacanya. Sama menyerupai teks-teks lain pada umumnya teks eksposisi mempunyai ciri-ciri khusus untuk membedakan dengan teks yang lainnya. Paragraf pertama biasanya berisi tesis atau latar belakang hal yang dibicarakan, disambung dengan argumentasi ang berisi wacana pokok bahasan dan diakhiri dengan paragraf penguat yang bertujuan memperkuat argumentasi.

Terdapat banyak sekali referensi teks eksposisi singkat yang sanggup kita pelajari, dan referensi tersebut sanggup dikategorikan kedalam referensi teks eksposisi wacana pendidikan, politik, sosial, ekonomi budaya dan lain sebagainya.

Karena sifatnya yang terkesan mengekspose atau memaparkan, penggunaan teks eksposisi banyak digunakan didalam penulisan majalah, koran dan banyak sekali meda cetak lainnya. Pada kenyataannya tanpa harus mencari referensi teks eksposisi kita sudah kerap kali menggunakannya dalam percakapan kita sehari-hari. Seperti kita menawarkan warta secara rinci kepada teman, kita menjelaskan materi pada ketika berguru kelompok dan lain sebagainya.

Struktur Teks Eksposisi
Sama menyerupai teks bahasa indonesia lainnya, teks eksposisis mempunyai struktur yang membedakan teks ini dengan jenis jenis teks lainnya. Struktur teks eksposisi pada umumnya terdiri dari 3 bab yakni pembukaan, isi, argumentasi dan penegasan ulang.
  • Pembukaan (Orientasi) : Argumentasi merupakan bab pertama yang menjelaskan wacana pandangan penulis mengenai permasalahan yang dibahas.
  • Thesis (isi) : Pada bab ini umumnya memuat klarifikasi dari orang lain maupun penulis itu sendiri yang berkaitan dengan topik bahasan teks eksposisi itu sendiri. Pada kebanyakan referensi teks eksposisi, bab thesis inilah yang menjadi isi teks yang memuat pokok bahasan.
  • Argumentasi : Dalam struktur teks eksposisi kita mengenal istilah argumentasi. Bagian ini akan berisi wacana bukti konkrit yang memperkuat pernyataan penulis pada bab thesis. umumnya argumentasi akan disertai dengan bukti bukti dan fakta fakta yang berkaitan eksklusif dengan topik permasalahan.
  • Penegasan ulang : Penegasan ulang merupakan bab epilog pada referensi teks eksposisi yang mengandung kesimpulan atau penegasan wacana apa saja yang telah disampaikan oleh penulis.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya


 Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya 6 Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya

Contoh teks eksposisi singkat yang akan saya berikan kali ini tergolong kedalam teks eksposisi pendidikan, globalisasi, dan sosial budaya atau alam. Untuk lebih jelasnya simaklah ke 3 referensi dibawah ini.
Baca Juga : pengertian-jenis" target="_blank">Jenis-jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Peningkatan Pendidikan

Tesis : 
Pendidikan ialah hal yang paling efektf dalam memperbarui dunia. Hal tersebut dikarenakan pendidikan sanggup digunakan sebagai kerikil loncatan untuk mengetahui segala warta serta ilmu yang ada.

Argumentasi :
Banyak sekali upaya yang dilakukan oleh pihak pemerintah misalnya Indonesia dalam melaksanakan pembangunan gedung sekolah bahkan hingga melaksanakan acara bebas biaya sekolah atau sekolah gratis. Di Indonesia peningkatan upaya pendidikan memang tergolong tidak mengecewakan baik. Selain itu hal paling utama ialah harus ada minat siswa untuk berprestasi dan belajar. Hal tersebut akan mempermudah pemerintah semoga tingkat pendidikan pada siswa semakin meningkat. Sehingga para penerus bangsa sanggup menawarkan yang terbaik bagi Bangsa dan Negaranya.

Penegasan Ulang : 
Jika penerima didik semakin aktif sert diimbangi dengan kemudahan yang baik sanggup melaksanakan kolaborasi maka akan meningkatkan martabat Indonesia dikalangan negara negra di dunia. Jika hal tersebut terjadi maka akan menarik perhatian investor aneh untuk menanamkan modalnya dinegara ini sehingga tingkat ekonomi masyarakat dalam negeri semakin meningkat. Peningkatan pedidikan tersebut harus diimbangi dengan kompetensi maupun kualitas guru yang bagus.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

Perkembangan Ekonomi Indonesia

Tesis : 
Perkembangan ekonomi Indonesia tetap menunjukkkan hasil yang efektif walaupun keadaan ekonomi di dunia sedang mengalami krisis. Peningkatan ekonomi tersebut kurang lebih 6,4 % lebih baik dibandingkan tahun lalu. Hal tersebut dibuktikan bedasarkan catatan suku tahun. Perkembangan ekonomi Indonesia tercatat 57,5% untuk wilayah pulau Jawa. Hal tersebut membuat Pulau Jawa menjadi sentra perkembangan ekonomi. Jika dikumpulkan menjadi satu maka perkembangan semester 1 pada tahun 2016 lebih baik daripada semeter 1  tahun 2015 yang hanya berkembang sebanyak 6,3%. 

Argumentasi :
Walaupun demikian perkembangan ekonomi Indonesia mengalami ketidaknormalan. Hal tersebut dikemukakan oleh peneliti ekonomi Indonesia for global justice yang berjulukan Salamuddin Daeng. Salamuddin Daeng berpandangan bahwa perkembangan ekonomi yang terjadi di Indonesia tidak diimbangi dengan perkembangan kesejahteraan rakyat. Adapula faktor lain yang membuat perkembangan ekonomi Indonesia mengalami ketidaknormalan. 

Faktor tersebut sanggup dibagi menjadi empat yaitu perkembangan ekonomi sanggup dipengaruhi oleh daya konsumsi rakyat yang berlebihan, semakin banyaknya hutang Indonesia yang bertujuan untuk membuatkan perekonomian rakyat, sumber daya alam Indonesia semakin dikuasai oleh pihak aneh lantaran banyaknya penanaman modal aneh di negara Indonesia, maupun adanya ekspor materi mentah keluar negri yang semakin meningkat jumlahnya.

Selain Salamuddin Daeng adapula peneliti ekonomi dari Universitas Gajah Mada yang berjulukan A. Tony Prasetiantono yang  berpendapat bahwa perkembangan ekonomi Indonesia ditopang oleh area dalam negeri. Namun tanggapan dari krisis global yang terjadi maka membut ekspor pada suku ke tiga maupun keempat tahun ini menurun serta terjadinya penurunan angka perdagangan di Indonesia. Menurutnya hanya sedikit jumlah angka donatur ekspor terhadap PDB.

Penegasan Ulang :
Dengan tingkat biaya yang lebih besar dengan tingkat aspirasi pemerintah yang cepat sanggup mendukung perkembangan Indonesia sesuai pendapat dari A. Tony Prasetiantono. Hal tersebut sanggup membuat indikator perubahan ekonomi menjadi kurang dari 5%. Jika tingkat inflasi menurun maka jumlah derma akan semakin membesar.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Globasisasi

Globalisasi ialah tindakan yang populer diseluruh dunia seolah tidak mengenal lagi batas geografis di antar negara.
Keterbukaan dan pembiasaan dalam segala bidang acara mengambarkan bahwa globali sasi telah meningkat pesat dari tahun ke tahun, mulai dari sosial, budaya, politik,yang berlangsung secara meluas dengan sasaran yang tepat.
Baca Juga : pengertian-jenis" target="_blank">Pengertian, Struktur, Dan Contoh Teks Eksposisi
Tidak sanggup dipungkiri bahwa sebagai negara tentunya membutuhkan satu sama lain, namun tidak menutup kemungkinan pula untuk terjadi persaingan antar negara tersebut. Sumber daya alam, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), hak asasi antara insan sanggup ditunjang dengan semakin berkembang pesatnya globalisasi. Sehingga masing-masing negara akan mendapat laba dari negara lain menyerupai negara indonesia yang memasok daging sapi dari australia, maupun negara malaysia yang mengimport beras dari negara kita.

menurut penuturan Anton ariska putra, "Globalisasi sanggup membawa dampak positif pada banyak sekali bidang". Bidang-bidang tersebut diantaranya ialah :
  1. Bidang ekonomi, Dapat meningkatkan kualitas SDM lantaran akan membuka lapangan pekerjaan yang layak.
  2. Dalam bidang politik. Politik dengan asas demokrasi dimana setiap orang behak untuk menentukan dan bersuar sanggup ditegakkan.
  3. Dalam bidang sosial dan budaya. Semakin meningkatnya penggunaan teknologi oleh masyarakat dan juga masuknya budaya aneh ke Indonesia.
Dengan adanya globalisasi sanggup menjadikan negara lebih maju yang nantinya akan meberikan dampak positif di banyak sekali sektor. Namun hal yang harus diingata dari globalisasi ialah kita harus memproteksi dri daari imbas negatif yang masuk.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Bunga Sepatu

Bunga sepatu merupakan bunga indah yang berwarna merah keputih-putihan, tidak berbau, dan mempunyai daya tarik yang besar lengan berkuasa lantaran kecantikannya. Seperti bunga lainnya, bunga sepatu mempunyai cairan nektar, oleh alasannya ialah itu banyak kupu-kupu akan menghinggapi bunga sepatu. Kupu-kupu mempunyai hubungan yang bersahabat dengan bunga sepatu, Kupu-kupu menghisap nektar untuk memenuhi makanannya, sedangkan dengan kupu-kupu menghisap nektar akan menawarkan laba pada bunga lantaran kupu-kupu membantu proses penyerbukan bunga. Proses yang saling menguntungkan ini disebut sibiosis mutualisme dimana setiap pihak saling diuntungkan.
Baca Juga : pengertian-jenis" target="_blank">Teks Eksplanasi, Pengertian, Struktur, Dan Contoh
Dengan begitu kupu-kupu sanggup bertahan hidup dengan menghisap nektar bunga dan bunga sendiri sanggup berkembang biak dengan cara penyerbukan yang dibantu oleh kupu-kupu. Maka dari itu kita harus melestarikan binatang dan tumbuhan disekitar kita.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Pendidikan Remaja

Sebelum beranjak ke masa bakir balig cukup akal tentunya belum dewasa harus melewati masa remaja terlebih dahulu. Sedangkan usia remaja ialah usia dimana kita berumur kisaran 11 tahun hingga dengan 20 tahun. Pada masa inilah remaja akan mencari jati diri mereka. Pada masa ini remaja bisa dikatakan berada dala fase rawan lantaran imbas baik maupun jelek sanggup masuk dengan mudah. oleh lantaran itu fase inilah yang nantinya akan menentukan sifat remaja sehabis dewasa.

Tidak hanya berkembang dari segi fisik namun remaja juga akan mengalami perkembangan psikis yang menjadikan mereka sanggup bergejolak emosinya. Karena itulah remaja harus bisa mengendalikan diri di lingkungan baik di rumah maupun di sekolah, serta di lingkungan masyarakat. Pada masa ini tugas orang bau tanah sangat dibutuhkan semoga remaja nantinya tidak terjerumus ke hal-hal negatif.

Sudah terbukti bahwa dengan pendidikan aksara disekolah sanggup membantu para remaja untuk menuju hal yang positif. Pendidikan aksara mengajarkan para remaja untuk hidup dengan berpegang teguh pada agama dan norma-norma yang berlaku.

Dengan demikian sanggup disimpulkan bahwa pendidikan aksara sangat penting bagi remaja untuk membantu mereka menuju hal yang positif. Dengan remaja yang positif tentunya akan memicu perubahan yang positif pula pada negara lantaran remaja ialah pewaris negara ini. Jika mempunyai remaja yang berkualitas maka negara juga akan berkualitas juga.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Proses

Memelihara Kebersihan Lingkungan Rumah

Tesis :
Untuk membuat kenyamanan pada lingkungan sekitar serta memberi referensi untuk lingkungan sekolah maka anda harus memelihara kebersihan lingkungan rumah terlebih dahulu. Setiap desa telah menerapkan sistem kebersihan lingkungan rumah. Untuk menarik minat warga maka pihak kelurahan desa sering mengadakan perlombaan kebersihan lingkungan antar desa. Terdapat beberapa cara memelihara kebersihan lingkungan rumah yaitu dengan membuat tempat sampah disekitar rumah, membersihkan area sekitar rumah, membuang sampah pada tempatnya dan masih banyak lagi.

Argumentasi :
Setiap hari diadakan pemeliharaan lingkungan rumah oleh setiap  warga. Namun untuk pemeliharaan sekitar lingkungan selalu diadakan acara higienis bersih bersama setiap seminggu sekali. Pemeliharaan  tersebut mencakup menyapu halaman rumah, membersihkan selokan sekitar rumah dan lain lain. Selain hal tersebut setiap ahad para warga diajak untuk melaksanakan acara pemeliharan lingkungan  oleh kepala desa. Dengan adanya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan maka sanggup berdampak baik terhadap lingkungan yang bersih, semakin baiknya hubungan antar warga, serta meningkatkan kolaborasi semoga tetap terjalin.

Penegasan Ulang :
Kebersihan lingkungan rumah sanggup menjadi referensi untuk pemeliharaan kebersihan sekolah mupun kebersihan lingkungan sekitar. Kebersihan lingkungan rumah akan menyehatkan serta menjaga kebersihan seluruh keluarga yang terdapat dalam rumah tesebut. Memelihara kebersihan ialah segala perjuangan insan untuk menjaga kesehatan tubuh secara berkelanjutan lantaran kebersihan berbeda dengan kemewahan.

Penggunaan blog /webblog
Blog atau webblog merupakan laman yang terdapat di dunia maya yang memakai platform blog gratis, umumnya pengguna blog tau webblog akan menentukan blogspot dan wordpress sebagai platformnya. Untuk sanggup membuat blog, terlebih dahulu anda harus mempunyai email aktif, gmail ialah salah satu layanan email milik google yang sanggup kita gunakan.

Setelah selesai membuat akun gmail, maka kita harus membuat akun google plus sebagai syarat mendaftar blogspot. sehabis syarat tersebut terpenuhi anda sanggup membuat blog dengan mengklik create blog. Didalam blog anda sanggup membuat artikel sama menyerupai artikel ini. mengklasifikasikanny menjadi beberapa label dan mulai submit ke google.

Disamping membuat artikel anda juga sanggup memodifikasi template mengubahnya sesuai dengan cita-cita anda. Ini termasuk dalam kategori kreatifitas. Jika anda melaksanakan browsing anda sanggup mencari dan menemukan artikel wacana referensi teks eksposisi dan lain sebagainya.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Perbandingan

Jika dibandingkan, orang yang gemar bersepeda ialah mereka yang umumnya tinggal di kawasan pedesaan, orang desa biasanya memang sangat menghargai kelestarian alam dan lingkungan. Sebaliknya orang perkotaan biasanya lebih menentukan memakai kendaraan beroda empat untuk menunjang aktifitasnya. meskipun hanya berjarak beberapa meter dari rumah mereka akan memakai kendaraan bermotor untuk hingga tujuan. Pada dasarnya kita akan lebih sehat bila berjalan kaki, disamping menyehatkan badan, dengan berjalan kaki kita sanggup mencegah pencemaran udara dan lingkungan.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Klasifikasi

Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang banyak digunakan di banyak sekali negara. dalam bahasa inggris terdapat 4 skill utama yang mendasari seseorang dikatakan bisa berbahasa inggris dengan baik atau tidak. skill tersebut adalah:

  1. Writing.
  2. Speaking.
  3. Listening
  4. Reading.
Berdsarkan penuturan hebat bahasa (Dr.Rudy Setiyanto) Klasifikasi pentingnya keempat skill tersebut ialah seimbang. umumnya skill writing akan bekerjasama dengan skill reading lantaran sebelum menulis kita akan melewati fase membaca terlebih dahulu. Dan skill speaking akan bekerjasama dengan skill listening lantaran sebelum membaca kita harus mengenal mendengarkan.

Dalam penggunaan bahasa inggris baik disekolah maupun lingkungan pekerjaan keempat skill tersebut sama pentingnya. Maka dari itu kita selalu dituntut untuk mempelajari skill skill bahasa inggris ini sewaktu kita masih di dingklik sekolah.


Pada dasarnya referensi teks eksposisi singkat beserta strukturnya sanggup dengan gampang kita temukan di internet mengingat pertumbuhan teknologi kini in. Selain itu kita juga sanggup menemukan kumpulan referensi teks eksposisi ini tanpa sadar ketika tengah membaca majalah maupun koran. Sekian wacana artikel 6 Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya yang sanggup saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Perlu diingat bahwa penggunaan teks eksposisi harus diadaptasi dengan konteks pembicaraan dan topiknya. Terimakasih.


Sumber http://materi4belajar.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar