Sabtu, 28 Maret 2009

Pengertian, Ciri Ciri, Struktur Dan Pola Teks Dongeng Fantasi

Pengertian, Ciri ciri, Struktur dan Contoh Teks Cerita Fantasi - Cerita fantasi merupakan sebuah karya tulis yang dibangun memakai alur dongeng yang normal, namun mempunyai sifat imajinatif dan imajinasi semata. Umumnya unsur unsur dan struktur dongeng fantasi ini menyerupai setting, alur, penokohan, konflik, ending dan lain sebagainya akan dibentuk berlebihan dan terkesan tidak akan pernah terjadi di dunia nyata.

Teks dongeng fantasi ini intinya termasuk kedalam kategori teks narasi yang notabennya merupakan sebuah teks karangan fiksi semata yang alur atau rangkaian insiden umumnya memakai pola lantaran akibat. Meskipin teks ini termasu dalam karangan fiksi dan bersifat imajinasi namun dongeng ini umumnya menceritakan perkembangan insiden atau insiden yang berawal dari prologue hingga epilogue yang telah melalui beberapa tahapan menyerupai awal konfik, puncak permasalahan dan penyelesaian.
 Struktur dan Contoh Teks Cerita Fantasi Pengertian, Ciri ciri, Struktur dan Contoh Teks Cerita Fantasi

Ciri ciri dongeng fantasi dan struktur dongeng fantasi sendiri juga hampir sama dengan teks narasi yang terdiri dari orientasi atau pengenalan, konflik dan resolusi yang kesannya merujuk ke ending (epilogue), Ending sendiri umumnya terdiri dari dua jenis ending yakni happy ending dan sad ending.

Baik teks narasi maupun teks dongeng fantasi mempunyai wangsit dan tema dasar yang menjadi orientasi sentra pengebangan cerita. Dalam teks ini umumnya tidak terdapat amanat lantaran tujuan dongeng fantasi intinya yaitu sebatas untuk menghibur pembacanya saja. Namun tidak sedikit pula teks dongeng fantasi ini mempunyai amanat yang bersifat tersirat yang disisipkan oleh pengarang dalam alur ceritanya.
Jika anda belum terlalu paham perbedaan kedua teks ini maka simaklah artikel sebelumnya yang berjudul pengertian-teks-narasi-ciri-ciri-jenis" target="_blank">Pengertian Teks Narasi, Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh Paragraf Narasi
Contoh dongeng fantasi sendiri juga sanggup anda temukan dalam kehidupan sehari hari anda, terlebih lagi kalau anda yaitu orang yang suka membaca novel maupun menonton fiilm. Hal ini disebabkan lantaran film film dan novel yang tengah beredar ketika ini umumnya didominasi oleh dongeng yang bertemakan fantasi.

Pengertian, Ciri ciri, Struktur dan Contoh Teks Cerita Fantasi
 Struktur dan Contoh Teks Cerita Fantasi Pengertian, Ciri ciri, Struktur dan Contoh Teks Cerita Fantasi

Sama menyerupai teks pada umumnya khususnya teks narasi. Selain mempunyai pengertian, teks dongeng fantasi ini juga mempunyai ciri ciri, struktur dan pola dongeng fantasi. Adapun klarifikasi dari struktur dongeng fantasi dan ciri ciri dongeng fantasi beserta misalnya yaitu sebagai berikut ini.

Pengertian Cerita Fantasi
Teks dongeng fantasi merupakan teks yang hampir sama dengan teks narasi kalau dilihat dari ciri ciri dan strukturnya, yakni sebuah dongeng karangan yang mempunyai alur normal namun bersifat imajinatif. Umumnya teks ini dibentuk dengan alur, unsur unsur dan struktur dongeng yang terkesan dilebih lebihkan yang kalau dilogika dengan pikiran tidak akan pernah terjadi di dunia nyata.

Ciri ciri Cerita Fantasi
Sama menyerupai jenis teks pada umumnyam dongeng fantasi ini sanggup dikatakan sebagai teks dongeng fantasi apabila memenuhi beberapa unsur dan ciri ciri dibawah ini. Ciri ciri dongeng fantasi yang umum beredar yaitu sebagai berikut:

Ide dongeng yang terbuka
Ide dongeng dalam dongeng fantasi umumnya tidak mempunyai batasan realita (kenyataan) dan sanggup kembangkan sesuka pengarang. Tema dan wangsit yang diusung oleh dongeng fantasi biasanya yaitu mistis, supranatural, sci-fi, futuristik dan lain sebagainya.
Baca juga: pengertian-teks-narasi-ciri-ciri-jenis" target="_blank">Pengertian Teks Narasi, Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh Paragraf Narasi
Terdapat keanehan, misterius, dan keajaiban
Jika anda mendapati sebuah teks dongeng mengandung unsur keanehan, bersifat misterius menyerupai mengandung unsur mistis maupun terdapat keajaiban yang tidak sanggup dilogika oleh pikiran maka itu sanggup menjadi ciri ciri dongeng fantasi. Umunya segala kecacatan dan keajaiban yang timbul dalam dongeng bersifat berlebihan menyerupai anda sedang membayangkan insan bersayap dan sanggup terbang tinggi atau lain sebagainya.
Baca juga: pengertian-teks-narasi-ciri-ciri-jenis" target="_blank">Cara Penulisan Daftar Pustaka yang Benar Beserta Contohnya
Cerita fantasi yaitu dongeng yang sanggup merubah apapun yang mustahil menjadi mungkin dengan cara menghidupkannya dalam bentuk cerita. Hal ini disebabkan lantaran teks dongeng fantasi merupakan sebuaht teks karangan dongeng yang bersifat imajinatif (imajinasi yang diciptakan oleh pengarang).

Latar
Latar yang dipakai dalam dongeng fantasi sanggup menembus ruang dan waktu. Menembus ruang dan waktu disini dalam artian yaitu terjadi di suatu tempat dan suatu waktu tertentu menyerupai pola dongeng guardian of the galaxy yang mempunyai latar dongeng di planet Jupiter di jaman masa depan. Padahal kalau dilogika lebih cermat, di planet jupiter tidak terdapat udara sama sekali. Namun dengan dongeng fantasi ini segala yang mustahil sanggup menjadi mungkin.

Tokoh yang unik
Tokoh dalam teks dongeng fantasi umumnya mempunyai kelebihan tersendiri yang unik dan berbeda dari yang lain, Seperti dalam dongeng superman yang tokoh utamanya yakni clark kent (superman) mempunyai kekuatan super untuk terbang, mengangkan beban jutaan kilogram dan mengeluarkan laser dari matanya.
Baca juga: pengertian-teks-narasi-ciri-ciri-jenis" target="_blank">6 Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru
Fiksi atau khayalan
Kerena bersifat fiksi dan merupakan dongeng imajinasi semata, maka dongeng fantasi ini tidak akan sanggup dinalar oleh budi pikiran kalau dibandingkan dengan kehidupan di dunia nyata.

Gaya bahasa
Gaya bahasa yang dipakai dalam dongeng ini umumnya tidak harus selalu terikat memakai bahasa yang formal. Melainkan memakai bahasa yang bervariasi.

Struktur Cerita Fantasi
Struktur dongeng fantasi umumnya hampir sama dengan struktur teks narasi yakni terdiri dari orientasi, konflik, resolusi dan ending. Adapun klarifikasi dari masing masing struktur yaitu sebagai berikut:

  1. Orientasi : Pengenalan atau orientasi merupakan sebuah kepingan dimana pengarang menawarkan pengenalan perihal penokohan, tema, dan sedikit alur dongeng kepada pembacanya.
  2. Konlik : Konflik sendiri merupakan kepingan dimana terjadi permasalahan dimulai dari awal permasalahan hingga menuju ke puncak permasalahan.
  3. Resolusi : Resolusi merupakan penyelesaian dari permasalahan atau konflik yang tejadi. Resolusi sendiri merupakan kepingan penentu yang akan mengarah pada ending.
  4. Ending : Ending merupakan penutup dongeng fantasi. Ending sendiri sanggup dibedakan menjadi dua yakni happy ending dimana tokoh utama menang dan hidup bahagia. Dan yang lain yaitu sad ending dimana tokoh utama tewas sehabis mencapai tujuan dan sebagainya.
Contoh Cerita Fantasi
Pada dasarnya pola dongeng fantasi sanggup dibedakan menjadi dongeng fantasi total dan dongeng fantasi irisan. Berikut yaitu pola dongeng fantasi yang sanggup anda simak.

Contoh dongeng fantasi perihal legenda putri bulan

Catur wuluan yaitu seorang gadis pedesaan yang sangat muskin berwajah suram lantaran menderita jenis penyakit kulit aneh diwajahnya. Masyarakat desa akan menghindari beliau lantaran takut ketika berpapasan dengan wulan. Untuk menutupi kekurangannya, kesannya wulan selalu memakai penutup wajah atau cadar.
Baca juga: pengertian-teks-narasi-ciri-ciri-jenis" target="_blank">4 Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat Beserta Strukturnya (5W1H)
Disuatu malam yang sunyi wulan bermimpi aneh yakni bertemu dengan seorang pangeran berjulukan rangga. Dia yaitu seorang putra raja nan ramah dan tampan. Keinginan wulan untuk berkenalan dengan sang pangeran menciptakan wulan semakin sering memimpikannya.

"Sudah wulan sudah, singkirkan mimpi konyolmu itu!" kata ibu kepada wulan ketika tengah melihat anak perempuannya terdiam di jendela kamarnya. "Aku tidak ingin menyakiti hati kecilmu itu. Kamu bebas ingin menyikai siapa, tapi ibu hanya tidak mau kau kesannya kecewa nanti" lanjut ibu wulan dengan sangat lembut.

Sebenarnya yang ada dalam pikiran wulan sama dengan ibunya. Mimpi wulan memang terlalu tinggi. Orang orang tempat pedesaan saja takut ketika berpapasan dengan wulan, apalagi ketika pangeran rangga bertemu dengannya.

Disuatu malam, wulan termenung memandangi langit nan cerah tanpa awan. Bulan sanggup bersinar dengan terang dan memancarkan cahaya keemasan. Di sekitar bulan nampak sekerumunan bintang yang berkelip.

"sungguh bagus malam ini" ujar wulan yang tengah takjub melihat fenomena alam tersebut. Tiba datang wulan terpikir akan sebuah dongeng perihal dewi bulan. Ia yaitu dewi yang tinggal dan menghuni bulan. Dewi bulan mempunyai paras bagus dan hati yang sangat baik. Dia sering turun ke bumi hanya untuk membantu orang orang yang tengah dilanda kesusahan. Setiap ibu tentunya ingin anak perempuannya menyerupai dewi bulan.

Sewaktu masih kecil, wajah wulan juga tidak kalah bagus dengan dewi bulan tutur ibunya.
"Aku ingin sekali meminta pada dewi bulan biar wajah yang saya miliki sanggup secantik dulu lagi. hmmm tapi mustahil lantaran itu cuma dongen saja." wulan segera membuang harapannya jauh jauh. Setelah cukup puas menatap langit malam kesannya wulan menutup jendela kamar dan beranjak tidur dengan perasaan sedih.

Wulan yaitu gadis baik berhati sangat lembut yang gemar menolong sesama. Pada suatu sore, wulan tengah bersiap siap untuk menjenguk seorang nenek bau tanah yang sedang sakit dan sekaligus mengantarkan masakan padanya. Sepulan dari rumah nenek bau tanah wulan merasa merasa kebingunan lantaran ia pulang kemalaman dan keadaan begitu gelap. Tiba datang munculah ratusan kunang kunang yang dari tuubuhnya memancarkan cahaya yang begitu terang.

"Terimakasih, kalian semua telah menerangi jalanku untuk pulan" ujar wulan dengan perasaan lega. Akhirnya wulan berjalan dan terus berjalan namun wulan menyadari bahwa ia telah cukup jauh berjalan namun tidak kunjungsampai kerumahnya.

"sepertinya saya tersesat masuk kedalam hutan" Gumam wulan dengan panik. ternyata ratusan kunang kunang tadi telah membawa wulan masuk jauh kedalam hutan.

"Jangan takut pada kami wulan, kami semua membawamu kesini supaya wajahmu yang kini sanggup disembuhkan menyerupai dulu lagi" ujar kunang kunang.

"hah? kamu?? kau sanggup bicara?" tanya wulan sembari menatan salah seekor kuang kunang.
"kami semua yaitu utasan dewi bulan" Tegas kunang kunang yang paling besar dan paling bersinar.

Akhirnya wulan datang disebuah danau ditengah hutan. Para kunang kunang pun kesannya beterbangan ke langit. Perlahan bersamaan dengan hilangnya kunang kunang, awan yang ada dilangit kesannya juga ikut menyibab dan keluarlah cahaya bula purnama berwarna keemasan.

"Indah sekali sinar bulan malam ini" Sekali lagi wulan takjub melihat fenomena alam tersebut. Wulan mengamati pantulan bulan di permukaan air di tepi danau. Bayangan bulan tersebut sangat tepat dan memantulkan sinar keemasan. Tiba datang dari bayangan bulan tersebut munculah wanita berparas sangat cantik.

"Si....siapa kamu? tanya wulan dengan perasaan takut.

"Aku yaitu dewi bulan. Aku ada disini untuk membantu menyembuhkanmu" ucap dewi bulan dengan sangat lembut.
"selama ini kau telah mendapatkan aneka macam ujian. Karena kebaikan yang ada di hatimu. Kamu akan saya berikan air sakti yang sanggup menciptakan wajahmu bagus kembali. Terimalah air kecantikan ini dan basuhlah wajahmu!" lanjut dewi bulan.

Dengan gemetar wulan mendapatkan sebuah botol berisi air. Secara perlahan dewi bulan kembali masuk kedalam bayangan pantulan bulan di permukaan air di tepi danau dan menghilang. Akhirnya wulan segera membasuh wajahnya dengan air kecantikan derma dewi bulan. Tanpa disadari wulan tertidur di sana.

Sungguh aneh air yang diberika dewi bulan. Ketika bangkit tidur wulan mendapati dirinya terbangun di ranjang tempat tidurnya dirumah. Dan ketika bercermin begitu kagetnya wulan melihat wajahnya bagus dan lembut menyerupai dulu lagi. Ibu wulan pun ikut bangga bercampur heran.

Akhirnya kecantikan wulan menyebar seiring berjalanya waktu hingga terdengar di indera pendengaran pangeran rangga. Karena ingin tau dengan rumor dan dongeng yang beredar kesannya sang pangeran pergi untuk mencari tau kebenarannya. Akhirnya wulan dan pangeran rangga sanggup bertemu dan berkenalan.

Itulah artikel tentang Pengertian, Ciri ciri, Struktur dan Contoh Teks Cerita Fantasi yang sanggup anda simak sebagai materi materi. Selalu ingat bahwa struktur dongeng fantasi mempunyai persamaan dengan dongeng narasi. Sedangkan pola dongeng fantasi sanggup anda temukan dalam kehidupan dan keseharian anda. Terimakasih.

Sumber http://materi4belajar.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar